Agu 062016
 

Menjelang perayaan HUT ke-71 Kemerdekaan RI, Komando Distrik Militer 1714/Puncak Jaya (PJ) membagikan bendera Merah Putih kepada Piliyur Telenggen yang merupakan Kepala Kampung Anggalome, di Distrik Yambi Kabupaten Puncak Jaya, Papua (4/8).

Warga Punja Jaya Papua senang menerima bendara pemberian dandim 1714/Puncak Jaya (PJ)

Warga Punca Jaya Papua senang menerima bendara pemberian dandim 1714/Puncak Jaya (PJ)

Komandan Kodim (Dandim) 1714/PJ Letkol Inf Hindratno Devidanto ketika dihubungi dari Kota Jayapura, Jumat (5/8) mengatakan pemberian bendera Merah Putih itu dilakukan pada Rabu, 3 Agustus 2016, dengan didampingi Kadistrik Yambi, Pasiter, Babinsa Kampung Anggalome serta gembala Gereja GIDI Yambi saat berkunjung ke Kampung Anggalome.

Pada momentum itu, kata Dandim, ia mengajak Kepala Distrik Yambi, Yaas Enumbi agar turun kampung dan mengajak seluruh warga untuk memeriahkan HUT RI dengan mengibarkan bendera Merah Putih.

“Di samping untuk memeriahkan peringatan HUT Kemerdekaan RI, hal ini juga merupakan wujud penghargaan kita untuk mengenang jasa-jasa para pahlawan yang telah rela mengorbankan jiwa dan raganya dalam merebut Kemerdekaan Republik Indonesia dari tangan penjajah,” katanya.

Di Kampung Anggalome, Distrik Yambi, Kabupaten Puncak Jaya peran para kepala kampung, kepala suku dan tokoh agama (Bapak Gembala) sangat besar. Dandim berharap agar Merah Putih tetap berkibar walaupun di wilayah pedalaman sekalipun dalam rangka menyambut dan memeriahkan HUT Kemerdekaan RI.

Masyarakat Puncak Jaya Mulai mengibarkan banyak bendara merah putih untuk memeriahkan HUT ke-71 kemerdekaan RI.

Masyarakat Puncak Jaya Mulai mengibarkan banyak bendara merah putih untuk memeriahkan HUT ke-71 kemerdekaan RI.

“Masyarakat sangat menghormati mereka dalam menentukan segala sesuatu berkaitan dengan keputusan bersama. Untuk itu saya beserta jajaran senantiasa mengimbau serta merangkul mereka mengajak warga dengan ikhlas dan sadar untuk mengibarkan Merah Putih,” katanya.

“Termasuk warga yang tinggal di wilayah pedalaman sekalipun khususnya dalam rangka menyambut dan memeriahkan HUT Kemerdekaan RI, agar seluruh warga Kampung Anggalome, Distrik Yambi, Kabupaten Puncak Jaya merasakan bahwa mereka merupakan bagian dari Negara Kesatuan Republik Indonesia,” sambungnya.

Lebih lanjut, Dandim mengatakan Kepala Kampung Anggalome Piliyur Telenggen beserta keluarga mengungkapkan kebanggaan mereka atas kunjungan dua hari lalu itu.

“Pak Piliyur memberikan apresiasi pemberian bendera Merah Putih itu. Dan mewakili warga Kampung Anggalome akan siap ikut memeriahkan HUT Kemerdekaan RI ke-71,” kata Dandim mengutip pernyataan Kepala Kampung Anggalome, Piliyur Telenggen.

Masyarakat pedalaman juga turut meriahkan HUT RI ke 71 dengan memasang bendera merah putih.

Masyarakat pedalaman juga turut meriahkan HUT RI ke 71 dengan memasang bendera merah putih.

Pada kegiatan tersebut Dandim didampingi oleh Kadistrik Yambi, Pasiter, Babinsa Kp. Anggalome, Gembala Gereja GIDI Yambi. (marksman/ sumber :tniad.mil.id dan antaranews.com)

 Posted by on Agustus 6, 2016

  18 Responses to “Warga Puncak Jaya Sambut Gembira Pemberian Bendera Merah Putih dari TNI”

  1.  

    Top

  2.  

    Maafkan kami saudara ku.. Masih belum bisa maximal membantu anda.. Do’a kami agar kita Maju bersama dalam bingkai NKRI… Amien ya rabb..

  3.  

    PAPUA adalah NKRI itu Harga Mati

  4.  

    Nasionalisme harus di perkuat dengan kesetaraan flatporm ekonomi yg memihak penguatan kearifan lokal masyarakat setempat.hal ini untuk mengantisipasi bahaya latent desintegrasi. Faktor ekonomi merupakan masalah yg sangat2 rentan di papua mengingat sebagian besar sektor pendidikan dan lapangan pekerjaan juga kesehatan yg masih tertinggal dari rekan2 mereka di belahan barat.ini turut menjadi perhatian kita semua bukan hanya pemerintah pusat saja.

  5.  

    Kalo menggunakan kata tertinggal…Di tengah atau d Di barat pun Ada yang tertinggal…yang penting Mari kita membangun bersama sama…bersatu untuk NKRI…

  6.  

    Saudaraku di ujung timur Indonesia, mari kita membangun negeri ini bersama2, saling dukung dan saling bantu antar sesama

  7.  

    Seneng banget baca berita seperti ini… hehe #NKRI HARGA MATI

  8.  

    jika mengharapkan keutuhan NKRI, maka seluruh
    rakyat Indonesia bersatu dengan bermain cantik,
    mereka menggunakan politik adu domba dan
    media, ingatlah corong2 musuh lewat VOA & CNN
    bahkan media di Indonesia sudah dimobilisasi oleh
    kepentingan2 asing, ingatlah sewaktu mereka
    diundang ke eropa,Amerika bahkan yang terbaru di
    ISRAEL, msih ingatkah kita akan simbol2 ZIONIS
    dibumi Papua.
    para pemilik media hanya mementingkan kelompok
    dan dirinya sendiri, mereka lupa akan perjuangan
    melawan penjajah sampai bermandikan darah dan
    air mata demi INDONESIA TERCINTA
    ?Reply

  9.  

    ini kesalahan 30 tahun pemerintahan yg itu, hingga saa ini mereka masih kategori warga pedalaman, paham ora kon ??

    •  

      Bukan bermaksud membela soeharto (sebetulnya saya juga sangat benci ke dia) tp kalau bicara soal pembangunan sebetulnya yg salah itu sistem pembangunannya.
      Dari dulu kita selalu membangun Indonesia dari barat ke timur, padahal matahari terbit dari timur ke barat..
      Paham kan maksud saya.. Hhi”

  10.  

    bila dulu setelah soekarno lengser diganti jokowi mungkin puncak jaya sudah seperti jakarta dan jakarta seperti tokyo atau newyork

  11.  

    alhamudillah, merah putih terus berkibar di tanah IRIAN.

  12.  

    Alhamdullilah ,dirgahayu Republik Indonesia