Apr 132017
 

Dok. Peluncuran Rudal Balistik Korea Utara (photo : KCNA/EPA)

Seoul – Para wartawan asing yang sedang mengunjungi Korea Utara telah diminta bersiap-siap untuk menghadapi sebuah peristiwa “besar dan penting” pada Kamis, 14/4/2017.

Kendati demikian, tidak ada petunjuk bahwa peringatan berkaitan langsung dengan ketegangan di kawasan menyangkut program senjata nuklir yang dimiliki negara terkucil itu.

Sekitar 200 wartawan asing sedang berada di Pyongyang pada saat Korea Utara akan memperingati tahun ke-105 hari kelahiran presiden pendiri bangsa, Kim Il Sung pada 15 April.

Hari kelahiran Kim Il Sung merupakan hari nasional terbesar di Korut, yang disebut dengan “Hari Matahari”.

Tidak ada pejabat yang memberikan keterangan rinci soal apa yang dimaksud dengan peristiwa itu serta kapan peristiwa akan terjadi. Pengumuman pada tahun-tahun sebelumnya berkaitan dengan peristiwa yang relatif biasa.

Pada 2016, misalnya, para wartawan asing harus menjalani pemeriksaan selama berjam-jam oleh para pejabat Korea Utara menjelang suatu peristiwa, yang kemudian ternyata adalah konser musik pop untuk memperingati puncak kongres Partai Buruh yang berkuasa.

Namun, ketegangan sedang meningkat dengan kelompok tempur Angkatan Laut Amerika Serikat bergerak menuju Pasifik barat.

Pergerakan itu merupakan unjuk kekuatan sementara Korea Utara memperingatkan pihaknya bisa melakukan serangan nuklir ke Amerika Serikat jika AS menunjukkan tanda-tanda menyerang.

Presiden China Xi Jinping, ketika melakukan pembicaraan melalui telepon dengan Presiden AS Donald Trump, mendesak pihak-pihak terkait untuk mencari penyelesaian damai bagi masalah Korut.

Pada April 2012, Korut mencoba meluncurkan roket jarak jauh menjelang peringatan ke-100 tahun Hari Matahari. Media pemerintah kemudian membenarkan bahwa peluncuran itu mengalami kegagalan.

Pada Rabu, sejumlah pejabat Korea Utara mengatakan kepada para wartawan di Pyongyang, yang diundang untuk memperingati hari nasional negara itu, bahwa jadwal mereka telah dibatalkan. Sebagai gantinya, mereka bertemu pada Kamis pagi untuk bersiap-siap bagi sebuah “acara besar dan penting”.

Kunjungan oleh wartawan asing ke Korut adalah peristiwa langka dan diatur sangat ketat. Petugas keamanan terutama akan melakukan pemeriksaan secara ketat pada acara-acara yang dihadiri oleh pemimpin Korut Kim Jong Un.

Korea Utara kerap memanfaatkan kunjungan seperti itu untuk memamerkan proyek-proyek pembangunan baru. Dalam beberapa pekan belakangan, para pekerja sedang menyelesaikan beberapa sentuhan pada jalanan menuju gedung pencakar langit “Ryomyong” di Pyongyang pusat.

Antara/Reuters

  26 Responses to “Wartawan Asing di Korea Utara Diminta Bersiap untuk Peristiwa Besar”

  1. WAH GAWAT NTR NYASAR LAGI RUDALNYA KE NKRI..NKRI GK PUNYA PAYUNG

  2. Wahh.. Ada tenggah sebelah komen, gue kemarin aja berani lawan korut, mosok lu kagak

  3. siap2 mengabadikan gambar kjm tumbang…

    • Sebelum tumbang segera indonesia kirim delegasi untuk ambiil ilmu roket dan balistik dari korea utara. . .
      Pura2 jadi saudara muda ikutan bersimpati biasanya TOT langsung dikasih tanpa imbal balik. .

  4. kju maksudnya hahaha…

  5. bakal jadi breaking news.

  6. Peristiwa penting apa kira-kira? Kalau cuma syukuran Kim Jong Un yg akan disunat mah, tidak perlu dibesar-besarkan sbg peristiwa penting, biasa aja kali. Dikampung ane, acara sunatan paling dibarengi organ tunggal doang, tdk ada seorang wartawan pun yg hadir meliput acara.

    Namun akhir-akhir ini memang tersiar santer ada kabar persiapan besar-besaran armada tempur US NAVY yg dipimpin kapal induk USS Carl Vinson bergerak menuju perairan utara pasific tepatnya sekitar semenanjung Korea. Bahasa normatifnya sih, gugus tempur angkatan laut USA hanya sekadar berlatih bersama sekutu karib dikawasan, Jepang dan Korsel. Namun apa arti latihan jika dibarengi dg perang kata-kata antara pemimpin USA, Donald Trump melawan pemimpin Korut, Kim Jong Un. Kedua pihak merasa perlu mempertahankan kepentingannya dikawasan semenanjung Korea. Seperti biasa hobi Kim Jong Un bermain mercon terbang tdk mau diingatkan oleh bapak polisi dunia, USA. Perilaku Kim Jong Un jelas menimbulkan keprihatian saudara sepupunya, Korsel dan tetangga sebelah timur, Jepang. Sebagai polisi dunia, USA perlu membela kawan Jepang dan Korsel dari gangguan Kim Jong Un, selain untuk pamer harga diri apalagi pemimpin USA sekarang berkarakter persis pendahulunya, mantan presiden Goerge W Bush.

    Sebenarnya sbg pembuka sikap tegas Donald Trump sdh dilakukan contohnya pd Syria tempo hari, dg mengirim puluhan rudal yg menghantam suatu pangkalan udara milik angkatan udara rejim Assad. Saat itu Rusia yg menggawangi rejim Assad terlihat tdk beraksi secara emosional, Putin sbg pemimpin Rusia hanya sekadar berbicara seperlunya sbg kepatutan diplomatik, tdk lupa para komentator militer Rusia membeberkan hasil serangan rudal USA, yg meleset hampir 50% dari puluhan rudal yg diluncurkan. Artinya rudal tomahawk milik USA dianggap kurang batel proven dari pandangan Rusia.

    Semoga peristiwa penting di Korut bukanlah peperangan yg tidak perlu, karena ane blm lunas kredit grobaknya, takut dikemudian hari kredit grobak jd naik akibat krisis ekonomi dampak perang …

  7. Wah si carin dah nongol , lama ga ada beritanya yg lagi hamil atau laagi ngidam wkwkw ,

  8. matilah kau donal ketemu orang yg siap mati rakyat korut.

  9. The day after tomorrow….ready to world war 3, the big war is begin..!!!, let’s get it down….wait n see ajahhhh!,,

  10. kalo saya lihat dari kota yg sedang di bangun korut sangat sangat abisius dan modern pertanyaannya dari mana biaya pembangunan tsb, apakah mereka korut menciptakaan uang mereka sendiri utk membangun negerinya..hmmm kalo seperti pantes saja tuan baron sangat tidak suka dgn negara ini dan ingin menghancurkan pemimpinnya.

    • industri militer yg ramai dia………… inget beberapa waktu yg lalu pesawatnya ditahan negara lain karena isinya amunisi dan senjata………. denger denger harganya murah pisan….

  11. Peristiwa apaan? Paling2 juga peristiwa jong un kawin lg

  12. Wah makin panas nih semenanjung korea!

  13. panas-panas asia, kasel korut mendekat di kali pornea warga kota piong sayang beserta wartawan asing dihimbau menyingkir dari ibu kota ”bersiap-siap”. Bilamana nuklir benar2 menghantam amerika ,mudah2an rakyah amerika yg tersisa tersadar betapa beratnya menerima kehancuran seperti hiro dan naga pd ms lalu dan kehancuran atas semuanya yg semua perjuangan us army itu demi kesejahteraan mereka dan inilah imbal baliknya.

 Leave a Reply