Wisudawan dan Wisudawati Unhan, SDM Unggul di Bidang Pertahanan

Bogor, JakartaGreater    –   Wakil Menteri Pertahanan RI M. Herindra mewakili Menhan RI Prabowo Subianto, pada Rabu 17-3-20-21, menghadiri Sidang Senat Terbuka Wisuda Program Magister (S2) dan Program Doktoral (S3) serta Dies Natalis ke XII Universitas Pertahanan (Unhan) RI, di Sentul, Bogor, dirilis Kemhan RI.

Rektor Universitas Pertahanan Laksdya TNI Dr. A. Octavian, membuka Sidang Senat yang dilaksanakan secara langsung dan virtual, dengan tetap melaksanakan prosedur kesehatan yang ketat. Wisuda ini diikuti oleh 432 orang wisudawan dan wisudawati dimana 6 orang diantaranya merupakan wisudawan wisudawati Program Doktoral/S3, dan 426 orang dari Program Magister.

Dalam sambutannya Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto yang disampaikan oleh Wamenhan M. Herindra mengatakan yaitu :

  1. Bahwa, perayaan wisuda di awal tahun ini berbeda dari biasanya, ini dikarenakan situasi dan dampak pandemi covid-19 yang masih kita hadapi.
  2. Seluruh wisudawan dan wisudawati yang diwisuda hari ini, sudah menjadi bagian dari komunitas pertahanan.
  3. Komunitas pertahanan yang berisi SDM yang unggul dan maju di bidang pertahanan negara.
  4. Untuk itu, berharap kepada para wisudawan dan wisudawati membuktikan dengan karya nyata dengan mengaplikasikan semua ilmu yang diperoleh.
  5. Saya yakin bahwa para wisudawan dan wisudawati mampu menjawab tantangan tersebut yang hanya dapat diatasi dengan rasa nasionalisme dan patriotisme yang tinggi.
  6. UNHAN sebagai kampus bela negara tentunya telah membekali pola pikir dan pola tindak lulusan untuk selalu menumbuhkembangkan karakter dan wawasan kebangsaan sesuai dengan tataran yang terkandung dalam nilai-nilai bela negara.
  7. Hal ini merupakan salah satu wujud dari program pembinaan sumber daya pertahanan.

Dalam amanat tersebut dijelaskan, perkembangan lingkungan strategis baik global, regional, maupun nasional saat ini telah menciptakan spektrum ancaman, tantangan dan resiko yang kompleks terhadap pertahanan negara. Dalam menghadapi ancaman tersebut, perumusan kebijakan strategis sangat diperlukan.

Dalam konteks ini peran Sumber Daya Manusia (SDM) pertahanan yang unggul dan maju sangat penting dalam merumuskan dan menentukan kebijakan strategis yang dimaksud.

Sidang Senat terbuka ini juga diisi dengan orasi ilmiah oleh Dekan Fakultas Farmasi Militer Unhan Prof.Dr. Yahdiayana Harahap, M.S.Apt., dengan topik “Upaya Kemandirian Bahan Baku Obat dan Vaksin Selama Pandemi untuk Pertahanan Negara”.

Usai Sidang Senat Terbuka dan Wisuda dilaksanakan pula peresmian Drumb Band Universitas Pertahanan, yang merupakan sumbangan dari Kementerian Pertahanan RI sebagai sarana kegiatan bagi Mahasiswa Universitas Pertahanan.

Wamenhan secara simbolis menyerahkan tongkat Penatarama Drumb Band Universitas Pertahanan. Dalam peresmian Drum band ini ditampilkan pula atraksi Pencak Silat Merpati Putih oleh Mahasiswa Univeritas Pertahanan.

Tinggalkan komentar