Jul 222017
 

Selama 5 tahun terakhir tercatat 29 jet tempur India kecelakaan, termasuk Sukhoi Su-30MKI. © NDTV

Sebanyak 29 unit pesawat tempur, termasuk 5 unit jet tempur Sukhoi-30MKI jatuh dalam 5 tahun terakhir dikarenakan kerusakan teknis dan kesalahan manusia, menurut Parlemen India, seperti dilansir dari laman NDTV India pada hari Jumat. (21/07/2017)

“Selama lima tahun fiskal (2012-2013 hingga 2016-2017) dan tahun fiskal berjalan (hingga 18 Juli), sebanyak 29 pesawat tempur termasuk 5 pesawat Sukhoi-30MKI dan 3 pesawat latih tempur telah jatuh”, menurut Menteri Pertahanan India Subhash Bhamre.

Berbagai macam tindakan pencegahan telah dilakukan termasuk merampingkan prosedur pelaporan kecelakaan dan audit kualitas armada pesawat terbang, untuk mengidentifikasi wilayah-wilayah yang rentan guna menghindari kecelakaan pesawat terbang, katanya.

Bhamre mengatakan bahwa setiap terjadinya kecelakaan pesawat di Angkatan Udara India (IAF) diselidiki oleh Court of Inquiry (CoI) untuk memastikan penyebab kecelakaan serta rekomendasi yang telah diimplementasikan.

Dia pun menambahkan bahwa program pelatihan pilot ditinjau secara berkala, untuk tetap mengikuti teknik pengajaran terbaru yang menggunakan alat bantu pelatihan.

Program pencegahan kecelakaan telah diberikan dorongan tambahan untuk dapat segera mengidentifikasi daerah paling rawan dan berisiko serta berbahaya secara spesifik, untuk armada pesawat terbang dan lingkungan operasional, serta untuk memastikan praktik dan prosedur yang aman.

  8 Responses to “Wow, 29 Pesawat Tempur India Kecelakaan Dalam 5 Tahun”

  1. cara ampuh biar gak jatuh
    ……ya jangan terbang

  2. berarti dua bulan sekali dong jatuhnya 😆 hehehe, ternyata ada acara api unggun/bakar pesawat dwi bulanan di India…

  3. Wah bung Diego baik bener deh, bikin saya senang saja.

    Ada bahan bulian baru untuk Jimmy.

    Itu pesawat apa ya Jim ?
    Perasaan para warjager kenal pesawat ini ya.

    Apa pesawat ini sedang menyamar jadi sniper ya ? Kok diselimuti dedaunan dan rerumputan.

    Rupanya ini teknologi baru multiperan yang sedang dikembangkan yaitu pesawat tempur bisa berperan sebagai sniper di belukar rerumputan.

    Xixixixixi

    Indahnya membuli Jimmy.

  4. Bung Diego,

    Itu ada berita PTDI, PT PAL dan PT PINDAD mau ada rencana dipindahkan ke Lampung, kok berita tidak dimuat ?

  5. Berarti korupsi di India jg kronis akut, bs2 pengadaan sucad dan perawatan simsalabim jg! Semoga gak terjadi di NKRI!

 Leave a Reply