JakartaGreater.com - Forum Militer
Jul 062018
 

Destroyer Tipe 055 China. (photo: screen capture China Central Television)

Jakartagreater.com – Angkatan Laut Pembebasan Rakyat Tiongkok (PLAN) meluncurkan dua Destroyer Tipe 055, tanggal 3 Juli 2018, yang merupakan pengembangan kelas atas dari kapal perusak 052D class (Luyang III), dirilis situs Indrastra.com, 6-7-2018.

Kapal perusak yang baru diluncurkan ini diharapkan memainkan peran instrumental dalam formasi penyerangan di masa depan di China dan mereka datang dengan kemampuan tambahan untuk melakukan pertahanan Rudal dan serangan laut ke darat.

Menurut media China, Type 055 adalah Destroyer Rudal kelas 10.000-ton pertama di China, dan kapal pertama dan kedua dari jenis ini diluncurkan oleh Shanghai Jiangnan Shipyard Group pada Juni 2017 dan April 2018. Namun, menurut para ahli, beban penuh kapal akan lebih besar – di kisaran 12–13.000 ton.

Destroyer Tipe 055 China. (photo: screen capture China Central Television)

Dua kapal yang diluncurkan Selasa dibangun oleh Grup Galangan Kapal Dalian. Kedua galangan kapal berada di bawah Perusahaan Galangan Kapal Negara China. Dua kapal perusak baru akan menjalani lebih banyak pekerjaan dan pengujian sebelum kemungkinan diterima dalam layanan Angkatan Laut China (PLAN) akhir tahun depan.

Menurut sumber-sumber, Destroyer ini akan membentuk tulang punggung sistem pertahanan anti-Rudal China, bekerja bersama dengan kapal perusak Tipe 052D yang ada saat ini, melayani sebagai bagian dari apa yang disebut Aegis China.

Kapal-kapal memiliki panjang 180 meter, beam 20 meter dan draft 6,6 meter untuk pemindahan beban penuh. Dilengkapi dengan 112 sistem peluncuran vertikal (VLS).

Kapal akan membawa berbagai sistem Rudal seperti:

HHQ-9B Rudal permukaan-ke-udara dengan kemampuan terminal anti-ballistic missile
HQ-26 Rudal anti-balistik
YJ-18 Land menyerang Rudal jelajah
CJ-10 Rudal jelajah darat jarak jauh
YJ-18A Rudal jelajah anti kapal
YJ-100 Rudal jelajah anti-kapal jarak jauh
Rudal CY-5 Anti-kapal selam
DK-10A Quad memadati rudal permukaan-ke-udara

Juga, akan dipersenjatai dengan senjata utama H / PJ-38 130mm. Telah dispekulasikan, kelas kapal ini dapat membawa 2 unit Helikopter Z-9C ASW atau 2 Z-18 anti-kapal selam (ASW).

VLS ini didistribusikan di dua tempat – 64 x ke depan dan 48 x buritan, tepat di depan hangar ganda kapal. Mereka adalah model yang sama seperti yang digunakan pada Tipe 052D, yang kompatibel dengan teknologi hot and cold menggunakan Concentric Canister Launcher (CCL), yang memberikan keserbagunaan yang lebih besar untuk meluncurkan Rudal dari desain dan konfigurasi yang berbeda.

Song Zhongping, seorang ahli militer dan komentator TV, mengatakan kepada Global Times – “Tipe 055 adalah yang paling cocok untuk senjata elektromagnetik masa depan China, karena kapal perang serba listrik dapat memenuhi permintaan pasokan listrik yang sangat besar.” Ini adalah kemampuan yang Tipe-055 diproyeksikan untuk dimiliki dalam dekade berikutnya.

*Menurut para ahli militer China, minimal 10 Jenis 055 dibutuhkan dan banyak lagi yang akan bergabung dengan armada PLAN dalam waktu dekat untuk mengakomodasi berbagai “misi yang terdiversifikasi” di seluruh Asia dan sekitarnya.

Bagikan:

  16 Responses to “Wow, China Luncurkan 2 Destroyer Canggih”

  1.  

    analog ticonderoga class ?

  2.  

    alah uda lagi lah narayana dr 2015 desember ngetik ada sukhoi sampe detik ini jg bacotnya doang.

    •  

      Sama….kayak @ayam jago yg disebelah, katanya tahun ini bakal ada “russian party”, eh taunya bacot doang

      •  

        Lho khan memang tahun ini ada Russian party di Rusia sono.

        Soccer party !

        Kalau yang di sini mah si Rusia pelit, udah nggak ada TOT, offset pun nawar harus orang Rusia yang kerjakan ya jelas ditolak RI dong.

        Udah gitu katanya nerima imbal beli tapi kok nawarnya minta ampun murahnya atas komoditi kita.

        Makanya molor terus perundingannya nggak kelar-kelar.

  3.  

    Mimpi basah…

  4.  

    Jd Realitax Offset 85% F-16 Block 70 & F-35 Custom, Jd TNI AU Cukup 3 Varian F-16 V & F-35 Sbg Multi Role Workhouse & F-33 Sbg Air Superiority dg Begitu Biaya Operasional Lbh Hemat, Kalo Ghaib yah List Itu deh kalo nyata sdh Peringkat 5 Besar

  5.  

    Mas Ariev,

    Pengadaan kapal itu harus mengikutsertakan galangan kapal dalam negeri, sebab galangan lokal sudah mumpuni.

    Jadi nggak mungkin beli bekas, nama2 Kirov, stereguchy, slava, sovremenny itu kapal2 jadul dan bekas, kapal yang sama kapal sapi aja takut.

    Dukunglah galangan kapal dalam negeri.

  6.  

    Bagus..

    Tp hrs di diskusikan saja dg menteri perduitan ya..

  7.  

    Bagus..

    Tp hrs di diskusikan saja dg menteri perduitan ya..

  8.  

    Terlalu mustahil indo bisa mengejar cina jln terbaik utk indo adalah menjadi anak yg patuh pd usa china dan rusia..

    •  

      Semoga hidup mu dan keluarga mu serta keturunan mu tidak bisa bahagia, tidak bisa makmur, tidak bisa kaya, tidak bisa aman, selalu dalam kemiskinan dan kesusahan saat tinggal di Indonesia ….. Aamiin

      •  

        Jangan gitu toh om.. doain tu yg baik2 aja..kasihan om ..mereka yg tak tau apa2 kena imbasnya..

        •  

          Maaf tidak bisa saya tarik bang, karena demi kebaikan 250 juta warga Indonesia, saya lebih membela dan mencintai warga Indonesia ketimbang yg punya akun depa yg begitu membenci Indonesia, 250 juta rakyat Indonesia yg tidak tahu apa2 jadi kena imbasnya, saya sebagai warga Indonesia…. pantang surut sama asing, aseng dan anteknya

  9.  

    Komen gue disini sudah menjadi siluman, mungkin ini gara² aming lee alias nada yg sudah dipoligami supir rahasianya, tapi mengapa masih dirahasiakannya

    Hahjhaahaaaaaa

  10.  

    Terlalu mustahil china bisa terdepan, karena sifat china Yg arogansi dan serakah, sekarang bisa kuat karena dukungan amerika dan Rusia sebelumnya, tapi tiada balas budi setelah kuat, sejak 2014 ekonomi china sering crash dan dlm 6 bulan terakhir telah kehilangan 50 ribu triliun dana

    😎

  11.  

    China semakin agrisif untuk mendukung ekpansi pengaruh, dagang mereka.

 Leave a Reply