Aug 182017
 

F-15SG Singapura take-off di Mountain Home Air Force Base, Idaho, AS (Singapore Mindef)

Angkatan Udara Republik Singapura (RSAF) berpartisipasi dalam latihan militer Red Flag – Nellis dengan tuan rumah kegiatan Angkatan Udara Amerika Serikat (USAF) di Pangkalan Angkatan Udara Nellis, Nevada, Amerika Serikat, dari tanggal 14 sampai 25 Agustus 2017 (waktu AS).

RSAF menempatkan delapan pesawat tempur F-15SG dan lebih dari 100 personil dari Detasemen Peace Carvin V RSAF -Pasukan RSAF yang bermarkas di Pangkalan Angkatan Udara Mountain Home, Idaho, AS- untuk berpartisipasi dalam latihan tempur udara skala besar ini. Peserta internasional lainnya berasal dari Arab Saudi dan Amerika Serikat, dengan pengamat dari Chile, Oman dan Romania.

Exercise Red Flag adalah latihan tempur udara-ke-udara intensitas tinggi yang melibatkan hingga 100 pesawat termasuk pesawat terbang Eurofighter EF2000 Arab Saudi dan pesawat tempur F-22 Raptor, F-16C/D, F/A-18C/D milik USAF, pesawat peringatan dini udara E-3A.

F-15SG Singapore (commons.wikimedia.org)

Negara-negara peserta akan terlibat dalam serangkaian misi pelatihan udara-ke-udara dan udara-ke-darat yang realistis dan menantang. Latihan ini memungkinkan peserta untuk mengasah kesiapan tempur mereka dan mempertajam kemampuan operasional.

RSAF telah berpartisipasi dalam LExercise Red Flag – Nellis sejak 1982. Latihan ini menggarisbawahi hubungan pertahanan yang sangat baik dan sudah lama ada antara Amerika Serikat dan Singapura.

Latihan Ini juga meningkatkan profesionalisme dan interoperabilitas di antara pasukan yang berpartisipasi, dan memberi kesempatan kepada RSAF untuk membuat benchmark terhadap angkatan udara terdepan lainnya. Mindef.gov.sg.

  37 Responses to “Wow, F-15SG Singapura Jajal Eurofighter dan F-22 Raptor”

  1. kenapa AS tak pernah menawarkan pesawat ini ke INDONESIA ya.? mohon pencerahannya..!!!!

  2. kok peserta asing yg ikut cuman arab saudi ama singapur aja??…negara2 barat pd gak ikut??yg pengamat aja tdk satupun dr nato..dah pd bosen apa?

  3. alasan utama indonesia membeli seri keluarga sukhoi…su 27/30/35…karena kita tidak akan pernah melihat yang namanya F 15I( I untuk Indonesia). entah tidak mampu, tidak diijinkan atau tidak akan mendapatkan F 15 yang setara dengan negara tetangga…entah…

  4. hehehe ente bnr jg bung, percaya itu hrus nya ama Tuhan ya bung .??

  5. tapi , ini sendainya lho,.. misalakan,..umpamuanya,.. di taro satu komplek sam , short,medium dan long di bintan,..kira2 reaksi singopo sewot gak yah ?

  6. Kalo bisa ngimbangi raptor serem ini F15SG…

    • Ga serem juga mas brooooow…. F15SG ga bisa ngapa”in lagi terhadap SHUKOI FAMILY’S TNI_AU , soalnya markas besarnya ( CHANGI ) keburu di Salvo ma Gran RM70 VAMFIRE Marinir , dihajar Kripton Shukoi Indonesia dan diberondong Howizer swagerak Kostrad …( Negeri SINGAPORE keburu ilang ) wkwkwkwkwk

      • Hahaha… Gk Semudah Itu Lah Bung… Mereka Punya Komplek SAM (Paket Lengkap) Buatan Wahyudi Dan Lagian F-15 SG Juga Ada Di New Zealand Dan Australi…

  7. F15 vs F22 vs F16 vs EF2000 …
    yg jelas mrk cuman latihan saling kenal & menguji IFF … kalaupun ada latihan tempur yaa gak jelas manfaatnya, kecil kemungkinan para pemilik pswt diatas akan saling gempur dlm perang sebenarnya.

  8. otak sumbu pendek tapi bawah sumbu panjang 😆

  9. Kalo Su35 kuta ntar ikut Red Flag kayak Pitch Black Di Aussie kemarin banal kayak gimana ya? Pasti seru tuh.

  10. Sekutu AS di Asteng diberi senjata2 gahar,nah kita karena non blok gak bakalan dikasi. Tapi tawaran F16V blok 72 dan kemaren diboyong dimari Simulatornya oleh AS apakah akan dibelli RI? Sudah dites Pilot F16 TNI AU dan masyarakat sipil Indonesia lho.

    • Yaaa… tetaplah kita dpt downgradenya itu sdh rahasia umum…. ajaib dan luar biasa banget kalau kita beli viper blok 72 dapat full spek… mimpi kali yaaa dapat yg full spek…. itu sdh aturan versi export….

    • Kalaupun full spek…F16…kelasnya ya medium fighter..tqpi kita butuh banyak lho untuk ngisi mediumnya kedepannya..menurut ane pribadi sekitar sekitar 24-32 unit lagi…mungkin lebih..yang pasti jika pembelian SU 35 11 unit..butuh pedamping medium fighternya 12-16 unit..atau malah lebih(30 unit lagi ehheeheh..)…dan minimal harus setara dg F16 block 52 id kita..kalo dilihat formasi kita sekarang 16 sukhoi+ 30 medium fight (F16)+16(off1)TA 50 yg akan ditingkatkan…nah kedepannya mau berapa formasi lagi yang ideal,tergantung kekuatan ekonomi kita…kalo dirussia formasinya utk fighternya sukhoi-MIG-Yak…kalo amrik jangan ditanya..raptor-hornet-F16..(F16 paling bawah kayaknya)…sekali lagi hanya pendapat saya aja ini…kalo salah ya tolong dibetulkan… xixixixix

      • Klo kedepan di tambah SU57 gimana yaaa bang…. makin gurih kayaknya… formasinya SU57 + SU35 + F16/IFX/T50

        • Sesuai arahan pak menhan beberapa waktu lalu… su35 beli yg cukup/sedikit dl, nanti beli lagi yg lebih canggih… tehnologi kan terus berkembang…. itu mengarah ke mana yaaa… xixixii….
          formasi yg yahut menurut ane: SU57-SU35-F16/IFX/T50…. yg di banyakin nantinya IFX kan sdh bs buat sendiri, sambil lalu IFX dikembangkan ke Gen-5 dan ke Gen-6… kalo bisa R&D sendiri…. itu pendapat ane looh…. xixixi

      • Semua bisa saja terjadi bung anglo…pesawat hanya pengangkut…misal isian standart SU 35…kalo yg ngangkut bodinya Stealth…beda lagi… kemampuan nya..nah kalo sampai masalah teknologi yg seperti ini saya kurang hafal..mungkin bisa ditanyakan ke yg laen..yang mungkin menakutkan kalo bodi rudal yg Stealth..tahu2 dah nyampe..makanya rudal sekarang kecepatannya tinggi…untuk mencari kata …tahu2 dah nyampe..menurut saya lho…

  11. Setelah adanya report Red Flag F-35 menang telak atas F-16… saya skeptis dengan Red Flag itu sendiri

 Leave a Reply