Mar 302017
 

Setelah Inggris dan Jepang akan bekerjasama mengembangkan pesawat tempur generasi kelima, Jerman pun tidak mau ketinggalan.

Bekerjasama dengan Airbus Defense and Space, Jerman akan memulai tahap awal program pengembangan pesawat tempur generasi kelima untuk menggantikan pesawat tempur Panavia Tornado.

Pesawat pembom tempur Tornado sudah hampir berakhir masa operasionalnya, mulai dibangun pada tahun 1979-1998. Dikembangkan dan diproduksi bersama-sama oleh Jerman (saat itu Jerman Barat), Inggris dan Italia.

Program Future Combat Air System (FCAS) – yang merupakan program pengembangan pesawat tempur siluman berawak dan tanpa awak. Diharuskan sudah siap operasional pada tahun 2030-2040, Airbus Defense and Space akan menggunakan teknologi yang sudah tersedia saat ini untuk mengembangkannya.

Pesawat tempur siluman baru Jerman kemungkinan dirancang dengan keharusan memiliki kemampuan yang lebih baik dari F-22 Raptor atau F-35, mengingat FCAS akan masuk layanan pada tahun 2030-2040-an. Ancaman di tahun itu tentu sangat berbeda dengan ancaman saat ini, termasuk penggunaan radar array frekuensi rendah yang beroperasi di band UHF dan VHF yang bisa mendeteksi dan melacak pesawat siluman.

Karena jadwal pengembangan yang relatif singkat, Jerman kemungkinan akan menggunakan sebanyak mungkin teknologi yang sudah ada. Konsep awal rancangan pesawat tempur siluman FCAS kemungkianan akan bermesin ganda dengan tampilan yang mirip dengan pesawat tempur siluman F-22 Raptor.

Ironis, meski merupakan negara moyangnya pesawat tempur dan pembom siluman yang sudah dimulai menjelang Perang Dunia II, tapi saat ini Berlin tidak memiliki sarana teknis untuk mengembangkan pesawat tempur sendiri. Industri kedirgantaraan Jerman saat ini belum mampu menghasilkan pesawat tempur dalam skala penuh, bahkan meski pesawat tempur konvensional sejak berakhirnya Perang Dunia II.

Author : Muhidin

Bagikan Artikel:

  25 Responses to “Wow…Jerman-pun Ingin Buat Pesawat Tempur Siluman Sendiri”

  1. jerman, inggris, jepang, USA sdh mulai konsep pesawat tempur generasi 6, kita baru mulai generasi 4++, akan tertinggal terus klo kita tdk melakukan lompatan teknologi,, klo tdk di mulai dari sekarang,,

    mudah2an generasi muda kita bisa melakuan inovasi, sehingga tdk tertingal jauh dari negara2 maju.. amin.

    • Airframe IFX sudah dipersiapkan untuk Generasi 5 bro
      sekarang tinggal mencari teknologi Gen-5
      bertahap bro bukan main sulap

    • Cina saja yg kata netter2 sini tukang contek membutuhkan 40 tahun untuk R&D stealth fighters dengan biaya yg tdk sedikit.

      Indonesia sdh sangat bagus d& melompat jauh dengan adanya IFX, punya pengalaman apa memangnya dalam hal penciptaan pesawat jet dari nol? ada juga turboprop itu pun belum tersertifikasi prototypenya (N219).

      • Cina saja yg kata netter2 sini tukang contek membutuhkan 40 tahun untuk R&D stealth fighters dengan biaya yg tdk sedikit dan kegiatan intelejen yg licik namun cerdik.

        saya tambahin

  2. SIIIIIEEEEEEGGG HEEEEILLLL…………..
    Heil Fuhrer……Heil Deutschland
    Gas das Juden!!

  3. Wow

  4. Saya yakin lebih hebat desain pespur generasi keenam buatan Jepang, karena pesawatnya bisa dibongkar pasang, terdiri dari 5 bagian terpisah, yang terdiri dari 1x badan, 2x lengan dan 2x kaki

    :D

  5. Saya gk ngerti yg bikin wow itu di mananya..
    Dipespurnya?? Di generasi dan kemampuan pespurnya?? Di negara jermannya??

  6. Ayo ikut belajar buat..jgn cuma minta TOT aja, berdayakan sumber2nya serta fasilitas dan dana diperbanyak mudah2an kita bisa cepat nyusul.

  7. Belajar terus , kapan penerapan ilmuny ,ifx maju yg nyata aja deh

  8. dedengkot perang dunia dan technologi mulai bergerak, Jepang German Inggris akan menggebuk Cinok bila macam-macam di LCS…

  9. Pesawat gen 5 dan gen 6 malay sudah loncat ke gen 7 heheheheee

  10. Jerman mulai bangkit, jepang mulai bangkit.
    Ada pertunjukan seru nih.
    WW3 Diambang mata

  11. ngomong (AYO MAJU) memang paling gampang tp realisasiny anda sendiri cuman bisa ngomong tp g ada gerakan di bidang kedirgantaraan. anak SD smp kakek2 bisa kl cuman bilang Ayo maju, Ayo bangkit, Ayo mandiri. tp anda tk bisa membatu apa2 dlm bidang kedirgantaraan paling banter cuman bikin layang2 dr kertas. biarkan para insinyur kita yg membuat paspur wlpn baru gen 4 yg penting jadi jngn minta yg muluk2 dulu gen 5 gen 6 emangny ada2 bisa buat. yg penting anda lakukan kewajuliban anda bayar pajak tpt wktu biar pemerintah n insinyur2ny yg membuat paspur mau gen 3 gen 4 gen 5 yg penting jadi dulu n mandiri semua ada tahapanny step by step.

  12. Saya suka Mig 29 malon konon akan di upgradel mnjadi pespur gen 7

  13. Kerenlah itu pesawatnya

  14. Jerman dan Jepang teknologi militernya dikebiri AS dan Sekutu pada PD-II. Karena kalah dan meneken surat perjanjian agar tdk membangkitkan kekeuatan militernya kembalai, Zaman berubah dan mereka sudah menjadi sekutu AScs dan mulai bangkit kembali untuk membendung kekuatan timur China dan Rusia.hanya opini saja.

  15. Pesawat gen 7 pertama telah diawali dari Hindustan yakni pesawat gen-7-3-J-4-5 …….
    The one and Only

  16. Generasi ke5 Sudah terlalu mainstream.. padat persaingan. Jerman dan Jepang langsung loncat kodok ke gen 6, sebuah langkah menarik dg kemampuan realisasi yg baik.

    ciri gen 6 : unmaned or maned, outerspace, makin siluman, makin mematikan, efisien, hemat

 Leave a Reply