Jun 062017
 

Jet tempur siluman F-35A Angkatan Udara Jepang yang beroperasi di Pangkalan Udara Misawa. © USAF photo by Staff Sgt. Deana Heitzman

Nagoya – Mitsubishi Heavy Industries dan Lockheed Martin meluncurkan jet tempur siluman F-35A pertama 5/6/2017 yang dirakit di Jepang untuk angkatan udara negara Jepang

Pemerintah Jepang memutuskan pada 2011 untuk membeli 42 pesawat tempur F-35A sebagai penerus F4. Berdasarkan kesepakatan tersebut, empat di antaranya akan dibangun di AS dan dikirim sebagai produk jadi, dan 38 sisanya akan dirakit oleh Mitsubishi Heavy di Jepang berdasarkan kontrak dengan Lockheed.

Kelompok Jepang memiliki tugas untuk mengelas tail and fuselage dan komponen lainnya dan melakukan pengujian untuk memastikan stealthiness pesawat.

Pesawat pertama yang dipamerkan di pabrik Komaki Minami, akan menjalani uji terbang di Jepang mulai pertengahan Juni dan kemudian dipindahkan ke A.S. untuk pengujian tambahan dan pelatihan percontohan.

Setelah itu, pesawat tersebut akan dikirim ke Pangkalan Udara Misawa Angkatan Bela Diri Jepang di utara Jepang. Keempat F-35 yang dibangun di A.S. diserahkan ke Jepang tahun lalu dan telah digunakan dalam pelatihan di AS.

Biaya F-35A akan berbeda tergantung pada jadwal pengadaan, namun pesawat pertama yang berkumpul di Jepang ini memiliki harga sekitar 14 miliar yen ($ 126 juta), menurut Departemen Perminyakan, Teknologi & Logistik Kementerian Pertahanan Jepang.

Dikembangkan dalam sebuah proyek gabungan antara sembilan negara, termasuk A.S. dan Inggris, F-35 memiliki kemampuan menghindari radar yang canggih.

Nikkei

Bagikan:

  10 Responses to “Wow, Jet F-35A Rakitan Jepang, Diluncurkan”

  1.  

    mmmm…… Nice…..

  2.  

    Wuih mantap… :matabelo

  3.  

    Bangsa yang canggih ilmunya pun hanya disuruh merakit dan mengelas.

    :ngakak

  4.  

    Jadi semua komponen bikinan mamarika?

 Leave a Reply