Sep 292017
 

J-20 Chengdu China (photo : News.cn)

Beijing – China mengumumkan telah mengaktifkan jet tempur siluman J-20 Chengdu untuk bergabung ke dalam layanan militer, yang sekaligus menempatkan angkatan udara China berada di puncak kemampuan di kawasan.

“Tes penerbangan jet J-20 sedang dilakukan sesuai jadwal, ujar juru bicara Kementerian Pertahanan Nasional, Kolonel Wu Qian pada sebuah media briefing, Kamis, 28/9/2017. Awal bulan ini, angkatan udara China mulai melatih pilot generasi baru untuk J-20.

Jet tempur siluman ini merupakan jawaban China terhadap saingannya seperti F-22 Raptor Lockheed Martin, yang dikembangkan untuk Angkatan Udara Amerika Serikat.

China mengadakan penerbangan uji coba prototipe J-20, pesawat tempur siluman pertamanya, pada tahun 2011, yang sekaligus mengejutkan para ahli dengan kemajuan yang telah dibuat China.

Seperti pesawat tempur F-22, J-20 adalah pesawat tempur generasi kelima yang memiliki teknologi siluman dan memiliki kemampuan jelajah dengan kecepatan supersonik.

China pertama kali menampilkan aksi jet tempur yang bisa menghindari radar, J-20 Chengdu, pada Zuhai Air Show 2016. Seperti yang anda bisa saksikan di video di bawah ini, dua jet tempur J-20 Chengdu melesat di angkasa Zuhai Airshow.

Sebagian orang terkejut karena munculnya J-20 secara resmi di depan publik, dilakukan sebelum jet tersebut diluncurkan. Menurut pengamat, hal itu menunjukkan kepercayaan China yang mampu membuat pesawat tempur siluman tersebut. Kemungkinan juga simbol yang hendak ditunjukkan China ke negara kawasan. Dan kini, satu tahun kemudian, China mengumumkan pesawat siluman J-20 Chengdu, telah bergabung dengan Angkatan Udara mereka.

Jet tempur J-20 Chengdu (wyjs.cn)

Pengumuman bahwa pesawat J-20 telah operasional dilakukan beberapa minggu sebelum konferensi penting Partai Komunis China.

Salah satu informasi menarik tentang J-20 yang muncul bulan ini adalah fakta bahwa China sedang membangun mesinnya sendiri untuk pesawat tempur siluman tersebut. Ini penting karena model produksi saat ini menggunakan mesin Rusia. Di masa depan China tidak harus bergantung pada pemasok asing untuk bagian penting tersebut.

Anggota parlemen Amerika Serikat sebelumnya telah menuduh bahwa China mencuri teknologi Amerika-khususnya, yang digunakan oleh F-22 Raptor Lockheed Martin-untuk mengembangkan peswat J-20. (fortune.com)

Berbagi

  92 Responses to “Wow, Jet Tempur Siluman J-20 China, Operasional”

  1.  

    Nah ini mungkin yg paling cocok buat TNI, prosesnya gak pake lama dan …………… murah !!!

  2.  

    Hahaha… Hasil Dari Nyolong Blurprint Mig-1.44

  3.  

    good lahh

  4.  

    mending beli PAKFA dg T.o.T 65% kandungan lokal

  5.  

    China maju pesat di segala bidang…tp sayang barangnya kebanyakan kw ..jd ragu utk dibeli…contoh hp merk china, beli lenovo p780 baru pake 2 bln, rusak matot, klaim ke counternya, disuruh ganti inilah itulah, total 500rb..baru beli disuruh kasi duit lg 500rb…ogah amat, mpe skr msh bangke nya…

  6.  

    Saya ragu akan kemampuannya, radar AESA J20 masih kalah jauh dari AN/APG-77. Juga kemampuan refleksi dan penyerapan gelombang deteksi radar musuh. Estimasi RCSnya sekitar 0,05 M2. Setara dgn Su-57. Yah, kemampuan produksi yg cepat dari China menunjukkan kemampuan penguasaan teknologi mereka. Itu lebih baik daripada ada negara yg sudah dahulu buat pesawat siluman gen.5 dari China tapi sampai sekarang masih belum jadi.

    Anehnya Sales dari perusahaan eksportir senjata dari negara tersebut selalu menuduh perusahaan saya, LM mencuri blue print pespur mereka yang gagal dan tak pernah masuk lini produksi. Lucu sekali…

    Hhhhhhhhhh

  7.  

    Xixixi… Bukannya Pesawat Siluman pertama kali dirancang dan dibuat oleh dua orang insinyur Jerman pada masa Perang Dunia 2 atas perintah hitler??
    Lalu pesawat tersebut dibawa ke asu dan Selanjutnya, pada masa perang dingin pesawat siluman dicoba dikembangkan oleh seorang ilmuwan Rusia, pada tahun 1966 oleh Dr. Pyotr Ufimtsev melalui sebuah kertas kerja yang berjudul method of edge waves in the physical theory diffraction, tapi kertas kerja ini tidak memperoleh sambutan yang hangat oleh para ahli di sana, karena banyak isinya yang tidak bisa dicerna oleh akal sehat…

    Terus Pada tahun 1976, salinan tersebut akhirnya bocor dan jatuh ke tangan Asu…

    Dasar Asu Maling teriak maling ini mah xixixi…

  8.  

    Ingat kemungkinan beli 2 gratis 1 JFSulfur!he3. Walau dikata canggih tetap kualitas metalurginya masih dibawah pabrikan yg telah mapan karena itui menentukan usia pakai dan perawatan!

    •  

      JF17 itu produksi china broo, tapi tidak memiliki ijin lisensi ekspor dr rusia, itu makanya rusia menyetop sementara pendatangan armada berikutnya utk china

      Eeeeeallaaaaaaahh
      Hahhaahaaaaa

      •  

        Kereta cepat juga begitu… tiba2 ikut jualan… memang sial dangkalan itu… tetapi karena plagiat tetap saja yang dihasilkan jauh dibawah yang di contek…
        mau cari barang apa saja, carilah ke China, harganya gila… disini sampai nangis ngitung ga bakalan kena…

        Ealahhhhhh

        •  

          Plagiat pun itu barang tapi tetap masih laku juga dipasaran broo, walau kualitasnya masih dipertanyakan orang
          Hahhaahaaa

        •  

          Produk china meski keluarin biaya R&D besar juga gak dihitung. Dengan milyaran penduduk, biaya2 sudah ketutup semua.

          Kalo mereka ekspor, itu bukan cari untung lagi, tapi mencegah gudang penuh sekaligus raup dolar dari luar… ๐Ÿ˜†

  9.  

    Bnyk yg merendahkan j 20 padahal desember kemarin sukses melewati wilayah udara korsel yg siaga 1 dijaga amrik n korsel tanpa amrik n korsel tau itu prestasi luar biasa radar canggih amrik ga tw j 20 lewati korsel

 Leave a Reply