May 212017
 

Royal Saudi Air Forces F-15C (Saudi88hawk)

Riyadh – Presiden Amerika Serikat Donald Trump membukukan kesepakatan persenjataan senilai 110 miliar dolar AS (sekitar Rp 1,4 kuadriliun) dengan Arab Saudi, saat melakukan kunjungan perdananya ke luar negeri.

Kesepakatan persenjataan ini ditambah dengan investasi yang menurut Menteri Luar Negeri AS Rex Tillerson bisa mencapai total senilai 350 miliar dolar, merupakan pencapaian utama pada hari pertama kunjungan Trump di Riyadh.

Arab Saudi merupakan negara pertama yang ia kunjungi dalam lawatan sembilan harinya di Timur Tengah dan Eropa.

Ketika berbicara kepada para wartawan setelah upacara peresmian kesepakatan, Trump mengatakan “ini hari yang luar biasa”. Ia juga berbicara soal “ratusan miliar dolar investasi ke Amerika Serikat dan lapangan kerja, lapangan kerja, lapangan kerja. Jadi, saya ingin menyampaikan terima kasih kepada rakyat Arab Saudi.” Raja Saudi, Salman bin Abdulaziz, menyambut Trump dengan sangat hangat.

Saat pesawat tiba, Raja menemui Trump di bawah tangga pesawat kepresidenan AS, Air Force One, menyalami istri Trump, Melania, masuk ke mobilnya bersama Trump dan kemudian menjalani sebagian besar hari itu bersama-sama Trump.

Menteri Luar Negeri Arab Saudi Adel al-Jubeir menyebut hasil pertemuan Trump dengan Raja Salman sebagai “awal dari titik kembali” antara Amerika Serikat, Arab Saudi dan sekutu-sekutunya di Teluk.

Baik al-Jubeir maupun Tillerson menerangkan bahwa kesepakatan persenjataan itu, yang dibukukan pada hari Hassan Rouhani terpilih kembali sebagai presiden Iran, ditujukan untuk mengimbangi Iran.

Tillerson mengatakan Rouhani harus menggunakan periode kedua jabatannya sebagai presiden untuk mengakhiri uji coba peluru kendali balistik Iran serta berhenti mendorong paham garis keras di kawasan.

Menlu Tillerson mengatakan ia tidak berencana berbicara dengan menteri luar negeri Iran namun mengatakan kemungkinan akan berbicara “pada saat yang tepat.” Al-Jubeir mengatakan Trump dan Raja Salman sepakat bahwa tindakan harus diambil untuk memastikan bahwa Iran tidak melanjutkan “kebijakan agresif di kawasan.” Lawatan Trump ke luar negeri diumumkan Gedung Putih sebagai peluang untuk mengunjungi tempat-tempat suci tiga agama utama dunia serta bertemu dengan para pemimpin Arab, Israel dan Eropa.

Antara / Reuters

  55 Responses to “Wow, Kesepakatan Persenjataan AS – Arab Saudi Mencapai 1,4 Kuadriliun Rupiah”

  1. 1400 Triliyun???

  2. bahkan yang kelimaxs.

  3. 1

    • ngapain beli pesawat amerika / F-15 mahal dan banyak syarat-syarat pembelian, mending beli punyanya Rusia / Eropa yang tidak menggunakan syarat saat pembelian. dan menghindari embargo ekonomi.

  4. 2 ……waoo

  5. Gile..ni negaaraa kagak pernah habiz duitnya..yah pantes aj..pakde jokowi kecewa sesama negara muslim aj..investasi arab di indonesia hanya 89 T..dimalaysia jga sama..giliran negara yg dimusuhi ma semua negara..cina dan amerika. Arab gelontorkan dana ratusan bahkan ribuan trilyun rupiah..hadeehh..capek dwehh..

    • #Maksudnya arab saudi

    • Tau gitu mah ga usah dipayungin !!… xixi…

    • Namanya juga cari aman di bidang ekonomi, negara yang memulai perang membutuhkan dana yang besar pula untuk mensupport peperangan tersebut untuk puluhan tahun kedepan. yang namanya amerika aja kalau perang habisin banyak uang kok, ya kalau menang perang ya bisa menguasai tanah negara jajahan mereka dan mengambil sumber daya alam mereka. ya kalau kalah tau resiko seperti Jepang (saat ini).

  6. ini emejing bingit gaeS

  7. saudi itu punya offset program, 35% dr total belanja senjata bakal di investasi (TOT) balik ke dalam negeri. Sama ky di negara kita…

  8. Drop tank (tangki bbm)

    Biasa digunakan untuk jarak jauh dan tidak menggunakan pengisian ulang bbm di udara.

    Pesawat biasa menyimpan bbm di sayap, namun jika harus menempuh jarak jauh harus pakai drop tank.

    Saat bbm di sayap akan habis, bbm di drop tank akan dipompa masuk ke sayap.

    Tangki BBM bisa dijatuhkan saat BBM di tangki habis.

    1 drop tank berisi sekitar 20% bbm yg ada di pesawat.

  9. Saudi emang paling tau alutsista mana yg paling moncer

  10. Pulang dulu, jangan pencitraan dingeri orang……ditanyain tuh ama seseorang

  11. maksudnya ‘biliun’ apa ya?

    lebih lazim: juta – milyar – trilyun (dan klo terus inflasi lama2 ada quadrilyun ?)

    AS menggunakan isitilah ‘billion’ untuk milyar

    • Depanya bilion itu kan ada angka 1.4 depan angka itu bertuliskan Rp
      Nah, 110 milyar dolar us adalah 1400 triliun Rp, jika disingkat 1,4 bilion dg satuan Rupiah,bukan us dolor

      • Bung nganjuk,
        billion itu masih setara milyar tapi dalam bahasa inggris, jadi 110 billion/Milyar Dolar = Rp 1.400 trillion = Rp 1,4 Quadrillion

    • Depanya bilion itu kan ada angka 1.4 depan angka itu bertuliskan Rp
      Nah, 110 milyar dolar us adalah 1400 triliun Rp, jika disingkat 1,4 bilion dgsatuan Rupiah,bukan us dolor.

      • lebih simple dengan 110 miliar dolar 😀

        1 Juta Jumlah Nol 6 = 1.000.000
        1 Miliar Jumlah Nol 9 = 1.000.000.000
        1 Triliun Jumlah Nol 12 = 1.000.000.000.000
        1 Kuadriliun Jumlah Nol 15 = 1.000.000.000.000.000
        1 Kuantiliun Jumlah Nol 18 = 1.000.000.000.000.000.000
        1 Sekstiliun Jumlah Nol 21= 1.000.000.000.000.000.000.000
        1 Septiliun Jumlah Nol 24 = 1.000.000.000.000.000.000.000.000
        1 Oktiliun Jumlah Nol 27 = 1.000.000.000.000.000.000.000.000.000
        1 Noniliun Jumlah Nol 30 = 1.000.000.000.000.000.000.000.000.000.000
        1 Desiliun Jumlah Nol 33 = 1.000.000.000.000.000.000.000.000.000.000.000

    • kuadriliun bung ubed-x

  12. katanya mau merapat ke rusia.saudi nggak konsisten.

  13. lah lah lah edun tenan……serrr serrr….

  14. bau2nya ada deal f-35

    sepertinya As masih cinta mati ke Saudi atau karena mengambang di lautan emas dgn menikung pesanan kiriman bunga dari China

  15. Yang singgung2 Arab Saudi kemarin hanya TERBENGONG…
    Kok bisa ya gkmau investasi di indonesia?
    Ahahahhahahahhahahah hahahahahhahahahah ahahhahahahahgahaha gagahahhahahahahahah hahahaahhahahahahahhahahaha

  16. Makan malam aja disamut tari pedang oleh raja dan jajarannya beserta keluarga. Keluarga Saud menduduki dan menguasai Makah Madinah dari tangan Turki Ostmani dgn dukungan Inggris dgn tujuan menghancurkan Kesultanan Turki dr Jazirah Arab,Afrika dan Eropa melalui proxy agen Inggris yaitu Kapten Lawrence dgn julukan Prince of Arabia dgn menghasut kepala2 Kabilah Arab agar memberontak dan mendirikan negara Dinasti. Sehinnga Turki dikalahkan ditiap daerah yg dikuasai akhirnya menjadi kerajaan2 yang pada akhirnya sesudah Turki jatuh negara2 Eropa datang menyerang dan menjajah kerajaan2 baru tersebut yg pd akhirnya jg memerdekakan diri jg. Hanya keluarga Saud yg gak pernah diobok2 Barat karena sudah tunduk pd Nato terutama AS! Coba dulu Turki gak kehilangan daerah2 kekuasaanya dgn kekayaan minyak bumi dan gas di Afrika dan Arab, apa gak Turki bs jd Imperium terbesar didunia dan mengalahkan AScs.just Imho! Ngalor ngidul!he3

  17. njirrr… lebih separo apbn kita

  18. Belum sempurna iman seorang saud an najed dan usa jika belum bersaudara dan menjalin teman baik “aulia”

 Leave a Reply