Agu 192016
 

kri rem

KRI Raden Eddy Martadinata (331), terus melakukan uji laut mulai 11 Juli 2016 di perairan Ujung, Surabaya, Jawa Timur. Percobaan ini termasuk tes kecepatan, crash stop test, dan manuver memutar.

Raden Eddy Martadinata diluncurkan oleh PT PAL tanggal 18 Januari 2016 di galangan kapal perusahaan di Surabaya. Frigate ini adalah salah satu dari dua platform yang dibangun bersama oleh pembuat kapal Belanda Damen Schelde Naval Shipbuilding (DSNs) dan PT PAL di bawah kontrak yang ditandatangani dengan Kementerian Pertahanan Indonesia pada bulan Juni 2012.

Sesuai dengan spesifikasi yang diberikan oleh PT PAL, fregat PKR memiliki bobot standar sekitar 2.400 ton, dapat menampung 120 awak, dapat mengagkut sebuah helikopter 10 ton di dek penerbangannya. Platform ini memiliki kecepatan tertinggi 28 kt, jangkauan maksimum 5.000 n mil di 14 kt, dan daya jelajah 4.000 n mil pada 18 kt.

Senjata Raden Eddy Martadinata mencakup meriam utama Oto Melara 76 mm, peluncur rudal anti-kapal MBDA MM40 Exocet Blok II, enam (dua tiga) Eurotorp B515 peluncur torpedo, CIWS Rheinmetall Defence Millennium 35 mm, dan 12-sel sistem peluncuran vertikal yang dapat menyebarkan rudal permukaan-ke-udara, MBDA VL-MICA. Sistem senjata akan dilengkapi modifikasi dari sistem manajemen tempur TACTICOS Thales ‘.

Platform ini rencananya diserahkan ke TNI-AL pada bulan Januari 2017.

kri rem class

Gambar terbaru KRI RE Martadinata class kedua di PT PAL Surabaya (Foto: gombaljaya/Kaskus)

Selain itu, secara paralel PT PAL juga sedang membangun light frigate RE Martadinata Class yang kedua. Hingga kini belum diketahui apakah kapal ketiga dan seterusnya akan dibangun mengikuti model light frigate sigma 10514 ini. TNI AL juga sedang menjajaki frigate Iver Huitfeldt class buatan Denmark.

Foto : Gombaljaya / Kaskus

  66 Responses to “Wujud Dua KRI RE Martadinata Class PT PAL”

  1.  

    Sip

  2.  

    Ok

  3.  

    Top

  4.  

    Kasih yakhont sekalian

  5.  

    Klo yg ke 3 dan 4 panjang tetap sama, tapi yg ke 5 dan 6 panjangnya 115m dgn bo ot 3000 ton….selanjutnya??…kasih taux ga ya,….xixixixi

  6.  

    pengen masuk galangan PT pal…. tiap minggu kok cuma lihat atapnya aja…

  7.  

    top……..
    tpi lontong yg dh 50% kok g di pblis ya….. mnrt sdra yg krim psir blazting…dh slsai 50%…….tp q cri brtax g ada/ mang g di pblis ya…..mhon pencrahanya para tetua jgkt….

    •  

      Fisiknya sdh berbentuk KS … jadi sudah lebih dari 50%. Tp memang masih 1 thn lebih jadinya… ada di PAL, tapi daerah rahasia. Tidak sembarang orang bs masuk. Masuk Hape Kamera semua di titipin.

  8.  

    yakhont mau taruh di mana? emang ada uang buat beli yakhont.ini KAPAL TIDAK MUNGKIN DI PASANG YAKHONT.TIDK MUAT.KALAU ADA YANG NYINYIR SOAL YAKHINT DI PKR,SAYA AKAN BILANG.’GARASI RUMAH ANDA APA CUKUP BUAT MUAT BUS’!! MIKIR JANGAN YAKHONT YAKHONT SAJA.KEMARIN DI GRUB FB FORUM MILITER KASKUS.ADA YANG BILANG YAKHONT BUAT PKR..HEHEHEHE KENA BULLY,INI MASIH ADA JUGA YANG PENGEN DI BULLY

  9.  

    segera pasAng ciws jgn nunggu terlalu lama.

  10.  

    Cakep, tinggal riset pembuatan buat real fregat, destroyer dan cruiser nya klo mau jd poros maritim..!!

  11.  

    Harus segera tot cara buat rudal jarak menengah dan jauh…….walau pespur kita minim, kaprang kita juga minim, tapi kalau punya rudal penangkis serangan dan rudal anti pespur yang mumpuni, tentu musuh akan mikir kalo mau ngapa-ngapain sama Indonesia.

    Tati tot di mana ya?

  12.  

    Secanggih apapun kri tpi kalo dilaut kerjanya memalak nd menodong sipil buat apa,tni kayak gak digaji aja,,nelayan kapal kayu kecil pun dimintain minyak nya,,jumpa tug boat dimintai uangnya..ini tentara apa begal..

  13.  

    kayaknya kok kerenan kri REM drpd fregat denmark

  14.  

    ok lah ini kapal perang dengan sistem senjata udah mumpuni, saya berharap Indonesia nanti bisa bikin yg kelasnya diatas KRI Martadinata ini seperti kapal yg benar benar fregate atau light destroyer. dan untuk kapal fregate ini saya sepertinya lebih cocok ke frigate proyek kelas 22350 atau kelas Admiral Gorshkov buatan rusia karena dari segi senjata lebih mumpuni, Frigate sepanjang 130 m dan bobot 4.500 ton ini dapat melaju hingga 30 knot (56 km/jam) dan jangkauan jelajah 4.000 mil laut (7.408 km). Frigate Admiral Gorskov dipersenjatai dengan meriam utama A-192M 130 mm, dua senjata mesin KPV 14,5 mm, rudal anti kapal Oniks atau Kalibr, rudal permukaan ke udara jarak pendek dari keluarga 9M96 dan 9M100, dua Palash CIWS, torpedo 324mm sebagai senjata anti kapal selam.coba kalau kita bandingkan dengan fregate iver guitfeldt buatan denmark dari sistem senjata udah ketinggalan jauh dari meriam utamanya saja masih mengunakan oto melara 76mm, emang si tembakanya stabil dari serang permukaan dan udara tapi kan sudah ada di KRI kita harusnya klo kelasnya naik ya meriamnya juga naik 100 mm keatas lah, lalu tidak ada rudal jelahnya paling jauh sekitat 200 km. bayangkan rudal jelajah yg dimiliki admiral gorskov bisa mencapai 2500km. itulah dari beberapa yg saya suka dari admiral gorskov dari pada iver guitveldt

  15.  

    Kok pakai vl mica sih knapa ngak pakai aster aja kan lbih gokil jdinya…?

  16.  

    Kapal ke 3 dan 4 beda class & beda volume panjang 125m lebar 17m,menggunakan radar APAR & SMART L. Kalau dilihat dari Spec hampir menyerupai frigate negeri kincir angin Belanda.

  17.  

    Dan tidak menutup kemungkinan akan diinstall P 800 onix,dan semoga VL MICA diganti Aster 15 atau 30.

  18.  

    goreng terus IVER Denmark nya bro ,,kali aja ada tawaran yang nyodok pake diskon 50% plus TOT.mirip kisah MBT leopard Jerman.goreng terus sampai gosong..

  19.  

    Whattttt?
    Penjajakan Iver class oleh tni AL?
    Jd nieh ganti KTP….. Wkwkwk

  20.  

    Anu kapalnya kurang gede

  21.  

    Pake aster 15/30, dan anti kapalnya pake harpon, baru jrengg….klo masih pake mica dan exocet masih kurang grreess cuy….

  22.  

    yahknot terus kalibr tanggung ,samat sekalian biar tengelam tuh frigat hanya nafsu saja yg di pakai otaknya jarang ini frigat bukan destroyer

  23.  

    nanti bbm nya datangnya 1 bln sekali…atw persedian bbm habis….

    ha ha ha

  24.  

    Yang nyinyir atau ngebully PKR tidak bisa di pasang YAKHONT, kayanya harus list Buyan class atau Karakut class panjang cuman di bawah 80m tapi bisa di pasang 2×4 Onyx and/or Kalibr. nah ini PKR udah 105m masa ga bisa. Jangan lupa juga kalau ada rudal Brahmos NG yg lebih kecil tapi jangkauannya setara. mikir om jangan main bully aja.

  25.  

    senjatanya gak usah muluk muluk entar malah bulukan kagak pernah dipakai…yg bermanfaat untuk saat ini daya muatnya untuk tujuan damai dan kemanusiaan…tapi setidaknya ini kapal dirancang mampu diinstal senjata berat secara cepat apabila perang meletus

  26.  

    ok…mksih pencerahx om jhon rambak……

  27.  

    Lanjut

  28.  

    Mantap bro….

  29.  

    Test

  30.  

    TOT memang harus untuk kejar ketinggalan teknologi mengingat kita negara paling malas belajar, coba seperti Cina, Iran, Korut gak kelamaan mikir langsung copy paste ber eksperimen ria makanya jadi maju dan kuat dan mandiri mereka, kalau semua selalu harus TOT ya ndak akan kuat-kuat persenjataan kita dijamin sampai kapanpun tetap selalu akan kalah kita bahkan dengan negara tetangga, perkuat dulu persenjataan beli destroyer yang mematikan, pespur yang kuat dan senjata darat yang mumpuni untuk jaga kedaulatan NKRI yang ‘katanya” harga mati….celakanya kita selalu meremehkan situasi khas bangsa kita (maaf). Orang lain dihalaman depan sudah pada unjuk kekuatan beneran kita masih yakin dengan surplus jumlah penduduk dengan senjata seadanya. Salut buat PT. PAL, PINDAD, LEN, DAHANA, dan IPTN, dll sangat kita hargai usaha mereka tapi kalau boleh usul pemerintah beli persenjataan yang benar2 mematikan dan buat negara lain benar2 mikir berkali-kali kalau mau geger dengan kita, kerja sama dengan TOT dengan produsen juga jalan….aman dan nyaman negara kita

  31.  

    Pasang rudal mokcit pd KRI RE MARTA DINATA…jgn banyak2 dua peluncur di kanan dan kiri, baru mantab

  32.  

    Pasang rudal moskit pd KRI RE MARTA DINATA…jgn banyak2 dua peluncur di kanan dan kiri, baru mantab

  33.  

    Ajo pesan rendang ciek..hahahaha peace bung..wakakkkakaka..

  34.  

    sptnya pak RR itu semenjak dari dulu sewaktu jadi KSAD,kesannya nrimo,menerimah alutsista apa yg di belikan pemerintahan dari jaman megawati sampai jokowi,
    jika bisa memilih menhan kok lebi bagusnya pak pramono edi .

  35.  

    Seharusnya lapan bisa bikin rudal yg harganya 50 jt rupiah perbiji pemerintah pesan yg banyak motor aja harganya cuma 10 juta perunit dari jepang. Ayo lapan semAngat ..

  36.  

    Dipasang RBS 15 mk2 keknya nih kapal….

  37.  

    Buat saja light frigate sigma 10514 ini 36 unit…… untuk di tempatkan secara permanen di Sabang 12 unit, di Natuna 12 unit dan Kupang 12 unit,…. corvet yang ada Fatahilah class dimodernisasi ditempatkan di Ambalat…. unsur combatan lainnya operasional dan penempatannya menyesuaikan kepentingan.