May 252017
 

Jet tempur Shenyang J-15 lepas landas dari CNS Liaoning. © PLA Navy

Angkatan Laut China (PLA Navy) memiliki jalan yang panjang untuk bisa mencapai tujuan sebagai “peringkat teratas dunia”, karenanya mengubah China menjadi kekuatan maritim yang besar, menurut pengakuan presiden China Xi Jin-ping, dilansir dari China Topix.

Xi kembali meminta upaya yang lebih besar untuk membangun PLA Navy tersebut menjadi kekuatan yang kuat dan modern untuk memberi dukungan bagi realisasi mimpi peremajaan nasional China dan impian tentara yang kuat, kata media pemerintah China.

Xi, juga sebagai sekretaris jenderal Komite Pusat Partai Komunis China (CPC) serta ketua Komisi Militer Pusat (CMC), membuat pernyataan tersebut saat ia melakukan inspeksi di markas besar Angkatan Laut China.

“Membangun angkatan laut yang kuat dan modern merupakan tanda penting sebuah militer global kelas atas”, menurut Xi.

Dia mengatakan bahwa PLA Navy adalah poros bagi transformasi China menjadi kekuatan maritim yang hebat, PLA Navy masih bertransisi dari air cokelat atau angkatan laut pesisir menjadi laut biru atau angkatan laut sejati yang mampu mengarungi samudra di dunia.

“Inovasi adalah kunci untuk meningkatkan dan mengubah angkatan laut!”, tambah Xi.

RENCANA harus bisa beroperasi jauh di laut, menggabungkan kekuatan kekuatan di atas air, di bawahnya dan di langit di atas, tambahnya. Xi mengatakan bahwa dia secara pribadi memperhatikan misi angkatan laut.

“Anda terus-menerus melawan angin dan ombak Terima kasih atas kerja keras Anda!” Kata Xi kepada petugas perencana dan pria yang dia ajak bicara.

PLA Navy dan rival utamanya, Angkatan Laut AS (US Navy) terlibat perlombaan senjata angkatan laut untuk menciptakan armada paling kuat di dunia. US Navy masih memegang perbedaan ini dan terus berusaha mempertahankan keunggulan kualitatif dan kuantitatif, atas PLA Navy dengan program pembangunan kapal perang yang sengit dalam 2 dekade ke depan.

PLA Navy saat ini mengoperasikan sekitar 490 unit kapal dan 700 pesawat. Kapal perang permukaan yang akan menandingi US Navy mencakup dua kapal induk (satu di antaranya sedang dalam uji coba di laut), 32 kapal perusak, 51 fregat dan 32 korvet. Armada ini juga mengoperasikan 68 unit kapal selam (bertenaga nuklir dan konvensional).

Mayoritas armada kapal perangnya terdiri dari kapal rudal kecil (109 unit), kapal perang, pemburu kapal selam, kapal penyapu ranjau, kapal pendaratan, kapal pengisi bahan bakar, kapal induk helikopter (4 unit) dan kapal pendarat tank (32 unit).

PLA Navy adalah angkatan laut terbesar kedua di dunia dalam jumlah tonase, di belakang Angkatan Laut AS, dan memiliki jumlah kombatan terbesar di angkatan laut.

Bagikan Artikel :

  14 Responses to “Xi Jin-ping Mengakui “PLA Navy” Belum Berkelas Dunia”

  1.  

    Hanya meredam situasi….

  2.  

    Kalu di ukur dgn kekuatan AL USA dan RUSIA memang belum sebanding baik dari segi kualitas maupun kuantitas, namun utk ukuran seluruh dikawasan Asia AL cina sdh sangat menakutkan, namun kita blm tau bagaimana proyeksi AL cina bila suatu saat terjadi konflik dgn lawan yg sepadan, mengingat cina termasuk baru dlm pengembangan AL nya, perang di matra laut sangat rumit apalagi bila sdh melibatkan puluhan kapal, butuh koordinasi dan komando yg munpuni mengingat senjata utama di kapal perang modern adalah rudal2 canggih yg ditembakan diluar cakrawala, betul apa yg di ungkapkan xi jin ping….

    Salam warga jakgreat

  3.  

    hmm…nanti sy coba tanya dulu ke mbah bowo..

  4.  

    Yg udh punya freegat destroyer bnyk n kapal induk ngaku blom kls dunia…lah trus yg ngaku world class navy mlh blom punya destroyer aplg kapal induk…jd bingung eike

  5.  

    Pernyataan pemimpin yg jujur & gentleman…
    Ini tanda” pemimpin yg lugas & tegas…
    Bukan pemimpin mencla-mencle pakai retorika segala…
    Boleh di’bilang pemimpin yg ng’gak ada wkt utk basa-basi…

    Sangat jauh beda dgn pemimpin” yg lain..

    Sdh jelas” ada mslh yg hrs di’sikap’i dgn lugas & tindakan tegas, msh pakai retorika hrs pakai etika’lah , sopan-santun’lah , lwt jalur diplomasi’lah….

    Akhir’x opo…!!!???

    China ± 70 thn Merdeka sdh sangat bnyk kemajuan yg ter’dgr & yg ter’lht…
    Beda dgn negara” lain…

  6.  

    nah bener itu bung saya juga mikir kenapa sistem pertahanan indonesia tidak mumpuni untuk menjaga daerah terluarnya sehingga kedaulatan negeri ini mudah diobok-obok oleh china . kenapa indonesia ini gak bikin pulau buatan atau pangkalan militer di batas batas terluar negara seperti china. militer indonesia hanya mengandalkan pangkalan militer pusat seperti koarmabar.koaramatim untuk mengirim bantuan ke perbatasan RI , sudah saatnya indonesia ini ,membangun pangkalan militer di pulau terluar indonesia

  7.  

    Patokannya AL Russia & AS
    Target nya tinggi….
    Kita juga harus segera mengejar
    Sekarang kita masih akan mengejar

  8.  

    Jinping hanya berbasa basi. Tentu saja PLA-N dan semua cabang PLA lain paling hebat di dunia dalam kelasnya sendiri. PLA, Party’s Liberation Army (resminya People’s Liberation Army) adalah satu satunya sayap militer sebuah partai politik yang terkuat di dunia. Di dunia ini tidak ada militer yang sekuat militer milik partai komunis cina alias PKC. Bahkan partai demokrat atau republik di AS tidak memilik secuil pun sayap militer. Seperti kata mao, “Political power grows out of the barrel of a gun.” jadi PLA harus dikuasai dan diperintah oleh PKC. PLA adalah tukang pukul dan sekaligus bodyguard piaraan PKC. Jadi PLA adalah yang terkuat di seluruh dunia…. dalam kelasnya sendiri.

 Leave a Reply