May 202015
 

image

Jakarta – Pemerintah Yaman meminta bantuan kemanusiaan kepada Indonesia. Pada Selasa (19/5/2015), Kuasa Usaha Ad Interim Kedutaan Besar Yaman untuk Indonesia, Ahmed Sayyad, menemui Wakil Presiden Jusuf Kalla untuk membicarakan permohonan bantuan tersebut. Menurut Ahmed, saat ini Yaman dalam kondisi krisis sehingga memerlukan bantuan kemanusiaan seperti obat-obatan, dan peralatan medis.

“Kami mengucapkan terima kasih atas reaksi positif dari Beliau (Wapres Jusuf Kalla), dan Beliau menyampaikan dukungannya untuk rakyat Yaman,” kata Ahmed.

Menurut Deputi Sekretariat Wapres Bidang Politik Dewi Fortuna Anwar, Kedutaan Yaman menyampaikan bahwa situasi di Yaman masih memprihatinkan. Negara itu dilanda krisis listrik, air bersih, bahan bakar minyak. Akses komunikasi pun terputus.

“Karena tidak bisa menge-charge telepon. Orang yang tadi mendampingi Dubes, keluarganya masih di Yaman tetapi enggak bisa berhubungan dengan keluarganya,” ucap Dewi.

Atas permintaan Yaman ini, Dewi menyampaikan bahwa Wapres menyambut positif. Wapres menyampaikan kepada Kedutaan Yaman bahwa pemerintah Indonesia menaruh perhatian atas masalah di Yaman. Ia juga menyampaikan bahwa Wapres menanyakan akar masalah serangan Arab Saudi dan sekutunya ke Yaman yang mengorbankan warga sipil.

image

Menurut pihak Kedutaan Yaman, serangan ini dilatarbelakangi konflik negara-negara besar di kawasan Timur Tengah. “Ditanya Wapres apa masalahanya, ini konflik masalah negara-negara besar di kawasan, tapi yang terjepit Yaman,” sambung dia.

Terkait konflik ini, Wapres menyampaikan bahwa Indonesia mendorong penyelesaian konflik melalui dialog. Wapres, kata Dewi, juga menekankan pentingnya mengedepankan kepentingan rakyat.

“Pak JK mengatakan bahwa di samping saat diadakan KAA (Konferensi Asia Afrika) kan ada pertemuan dengan pimpinan delegasi OKI (Organisasi Kerjasama Islam), Presiden sudah menyampaikan mendorong penyelesaian melalui jalur damai dan memprioritaskan dialog,” tutur Dewi.

Kompas.com

  87 Responses to “Yaman Minta Bantuan Kemanusiaan kepada Indonesia”

  1. mukanya ky seperti kena pecahan granat

  2. Loh pertamak kah ?

    • BAHAYA SYIAH DI INDONESIA
      Berdasarkan dokumen-dokumen yang ada, ajaran Tajul Muluk yang mencolok di masyarakat mencakup rukun iman, rukun Islam, cara salat, nikah mut’ah, azhan, iaqamah, wudhu, salat jenazah, aurat dan pelaksanaan perayaan-perayaan.Rukun Iman.
      Rukun iman yang diajarkan Tajul terdiri atas lima rukun: (1) Tauhidullah (pengesaan Allah), (2) An-Nubuwah (Kenabian), (3) Al-Imamah, yang terdiri dari 12 imam, (4) al-Adil dan (5) Al-Maad (Hari Kiamat/Pembalasan).Rukun Islam.Rukun Islam menurut mereka ada delapan, di antaranya: (1) Salat (tidak menggunakan syahadat), (2) Puasa, (3) zakat, (4) Khumus (bagian 20% dari harta unttuk jihad fi sabilillah), (5) Haji, tidak wajib ke Makkah, cukup ke Karbala, (6) Amar Ma’ruf Nahi Munkar, (7) Jihad fi Sabilillah (jihad jiwa raga), (8) Al-Wilayah (taat kepada Imam dan bara’ terhadap musuh-musuh Imam).Salat.
      Salat yang diajarkan Tajul muluk hanya dilakukan tiga waktu saja, yakni Zuhur digabung dengan Ashar (dilakukan 1 kali saja), Maghrib digabung dengan Isya’ (dilakukan 1 kali saja) dan Subuh merupakan bonus (tidak perlu dilakukan). Menurut catatan laporan masyarakat yang diterima Kejaksaan Negeri Sampang per tanggal 21 Desember 2011, disebutkan bahwa pada saat salat tidak ada bacaan fardhu.
      Kemudian sesudah salam ada takbir tiga kali yang intinya melaknat sahabat Nabi, yakni Abu Bakar,Umar dan Utsman karena dianggap kafir.Nikah Mut’ah (Kawin kontrak). Disebutkan pernikahan yang dilakukan tanpa wali dan saksi bisa dilakukan hingga 100 kali. semakin banyak mut’ah maka derajat imannyasemakin tinggi. Menurut laporan, salah satu pengikut Tajul, Alimullah melakukan mut’ah dengan Ummul Qurro, yang masih muridnya sendiri. Karena tak disetujui kedua orang tua masing-masing, mereka akhirnya cerai.Azhan. Azhan yang dipraktikkan ditambah dengan kalimat Asyhadu anna Aliyan wali Allah dan Asyhadu anna Aliyan hujjatullah.Wudhu.Wudhu cukup menggunakan air sedikit, satu gelas saja cukup untuk mengusap. Menurut pengikut Tajul, wudhu hanya dilakukan dengan membasuh muka dan tangan saja. Sedangkan yang lainnya hanya diusap. Kalau tidak sama seperti itu, batal wudhunya.Salat Jenazah. Salat jenazah menurut mereka hanya merupakan doa, tidak wajib dan tidak memakai wudhu dan salam.Aurat. Aurat bagi mereka hanyalah pada alat vital saja. Memakai pakaian tidak suci tidak masalah asalkan yang dipakai alat vital suci.Ajaran lainnya yang sampai kepada masyarakat adalah bahwa al-Quran yang ada saat ini sudah tidak orsinil lagi karena sudah diubah oleh sahabat Nabi, Utsman bin Affan. Mereka meyakini Al Quran yang asli tiga kali lebih banyak dari Al-Quran yang ada sekarang. Al Quran yang lengkap dan utuh itu diyakini sedang dibawa oleh Imam Mahdi yang ghaib.Selain itu mereka juga mengharamkan salat tarawih, salah duha, puasa asy-Syura, makan jeroan dan ikan yang berisik. Buka puasa mereka lakukan pada waktu Isya.

      • Sudahlah perdebatan kyak gini ga akan ada akhirnya , apapun agamax yg pnting jgn memaksakan ke org lain simpel,..

      • Ini orang lama2 kayak isis. Bisanya provokasi. Kampret

      • Mas anda sedang menyebarkan agama syah di indonesia ea sesuatu yang anda sebut sering sering adalah sesuatu yang anda yakini dan alam bawah sadar tidak mengenal kata tidak, jangan atau sejenisnya

      • VANTURA INI PENYEBAR KEBENCIAN SUKA MENGADU DOMBA, ORANG SEMACAM VANTURA INI YG BIKIN CITRA ISLAM JD BURUK.

        KL DI PIKIR SECARA LOGIKA UNTUNGNYA APA BUATMU DENGAN MENYEBAR KEBENCIAN?????

        • lu mah bego,jadi gk tau.

        • org seperti dia yg suka menyebarkan kebencian mah begitu. giliran di ajak debat lansung kabur. saya brpkali ngeladenin org2 macam dia. kelakuan mereka sama. lempar trus lari, kayak taktik gerilya gitu.

        • saya rasa antara pengetahuan dan kebencian itu sangat beda bung, jd tolong dipahami, kl itu mang bener adanya berarti itu ilmu (pengetahuan) jd mau ikut (tersesat) apa G tu urusan pribadi masing2..
          yg pasti mengingatkan dlm kebaikan itu wajib..biar saudara2 kita G ikut tersesat dan kembali ke jalan yg lurus..
          kl yg ditulis berisi berita boong, baru itu bs dibilang penebar fitnah
          kaji dl bung bener G nya, jgn slg jotos2an disini..slow aja bung..
          kl debat dengan ilmu aja, jgn dengan otot…

          • wong@ saya paham betul itu. tetapi kamu harus paham dulu apa maksud artikel di atas. yg di artikel tentang permintaan bantuan kok sekonyong-konyong nih org posting perbedaan?? apa itu bukan kebencian namanya? dan saya juga paham betul bahwa pengetahuan dapat digunakan utk memicu kebencian dan dapat membuat org saling bunuh. bolehkah saya mengatakan sbgi sebuah pengetahuan tentang Islam jika saya memdapatkannya dari situs FFI yg sangat trrkenal dgn kebencianya kpd islam? apakah pengetahuan islam yg saya dapat dari FFI bisa di katakan sbgi pengetahuan islam yang valid?

            kalau mau belajar ttg mereka, belajarlah ke sumbernya lansung. justru kalau kamu belajar kepada pihak yg sudah benci dan dendam kesumat ke mrk, maka kamu akan gampang di sesatkan dan sudah pasti banyak dustanya.
            apakah kamu juga sudah mengkaji ttg pemahaman dan dalil mereka mengapa amalan mereka sprti itu?
            dalam islam prrbedaan adalah rahmat. jika kpd lain iman saja kita bisa lakum dinukum. bgmn dgn yg hanya beda pemahaman? org2 jahillah yg suka memanfaatkan perbedaan utk mengadu-domba dan memprovokasi.

      • Nggak apa-apa buat kita tahu, ajaran Kristen atau Hindu pun kita harus pelajari, tinggal kita pilah dan pilih serta klarifikasi. Supaya kita tahu apa itu Islam, Kristen, Hindu, Syiah dll tanpa harus saling hujat dan saling benci.

      • Sangat benar….1000000%….
        Tapi Tidak semua orang percaya kpd anda ….

      • BUNG,

        Lakum dinnukum wal’ yadinn…..

        mereka percaya & melakukan dgn cara mereka silahkan,
        kita percaya & melakukan dgn cara kita
        SALING MENGHORMATI..

        hanya ALLAH SWT yg MAHA tahu apa yg sudah terjadi & yg akan terjadi….

        trims.

      • Lha itu kan sampeyan cuma ngutip tulisan sepihak bung vantura. sudahlah, kalau mereka menunaikan shalat 5 waktu, puasa di bulan ramadhan, dan menjalankan rukun haji, berarti samalah dengan kita. yang jelas jelas beda itu yang tidak melaksanakan shalat. Gitu aja kok repot. kalau semua harus sama seperti anda, tidak bisa bung. Kalau anda mantab dengan apa yang anda yakini silahkan, tapi jangan paksakan kepada orang lain.Bisa hancur dunia ini kalau semua mau dipaksakan sama.

  3. Pertamax…

  4. Ya tuhan lindungi lah orang2 yang tak berdosa , mereka menjadi korban dari ketamakan manusia entah apa yang ada dipikiran orang2 sesama muslim, mereka saling bantai membantai….sungguh miris..

  5. cuma bisa bantu donasi ni..
    ada ga ya lembaga yg ngurusin donasi bantuan yaman ?

  6. Ketika kau menghancurkan sebuah kota untuk melindungi kepentinganmu , maka bangunlah kembali kota itu seperti sedia kala.

  7. Apakah malon masih bisa berbangga hati atas bergabugnya dengan koalisi?

  8. Konflik saudi vs iran harus segera ditengahi. kalau tidak bisa musnah bangsa arab/timteng.

  9. Bila Indonesia mengirimkan bantuan kemanusiaan kepada rakyat Yaman, apakah koalisi Arab akan memberi akses masuk ke Yaman?

  10. Menyambut positif yg bgmn…?
    Lsg nyiapin paket bantuankah
    bknya arab n the geng brusaha
    menghalangi bantuan yg masuk
    sampe iran ngancem kl ada yg
    ngebom kapal bantuan iran brati
    ngajk perang noh

  11. Yangpasti nyaman sdh hancur. Zionis arab yg mnghncurkn peradapan islam yaman. Kini yaman telah mundur jauh 30tahun keblkg.

  12. Adakah rencana barat ” memiskinkan ” Indonesia dengan embel” kemanusiaan ??? Seperti Rohingnya dan yang ada di artikel ini ??? Klo nepal itu pantes karena bencana alam kita wajib membantu. Klo ini, mengapa hanya Indonesia saja yang diminta bantuan kemanusiaan? Bukankah Brunei lebih kaya dri kita apalagi UEA ???

    *imho

    • positif thinking aja bung,beramal tidak akan membuat kita miskin justru semakin membuat kita kaya,kita wajib membantu setiap manusia yg kesusahan apapun latar belakangnya demi kemanusiaan,saya sangat setuju sekali kalo indonesia ada didepan untuk bantuan kemanusiaan dan bantuan perdamaian,maaf bung kalo salah

      • itu cuma sebatas pikiran yang terlintas di kepala saya bung. saya juga sangat setuju klo Indonesia menjadi penengah dan memberi bantuan kemanusiaan, saya cuma gk mau Indonesia dipermainkan pihak barat.

        • Jawabannya mungkin karena ini Indonesia,, Indonesia bukan UEA juga bukan Brunei,,, mungkin Yamman melihat Indonesia sama seperti Palestina melihat Indonesia, kita netral, tidak ada yg kita inginkan dari negara lain selain hubungan diplomatik yg bersahabat..
          Untuk masalah menghancurkan Indonesia dg cara seperti itu tidak logis menurut saya,, sebab perang yamman sudah habis berapa triliun dollar ? Sangat besar kan..
          Sorry nih klo salah 😀

    • Brunei dalam percaturan belum seperti kita bung, coba ditelaah lagi coba bayangkan jika yg datang brunei, koalisi arab mungkin akan teris menggempur yaman tp kalau kita yg datang?? kemungkinan besar akan lain cerita

  13. suruh arab hentikan serangan dlu baru kita masuk memberi bantuan

    • Bila Indonesia mengirimkan bantuan kemanusiaan kepada rakyat Yaman, apakah koalisi Arab akan menghentikan serangan ?

    • pe bebeh aja diem aja, tampaknya ini memang genosida thd pemeluk agama tertentu, manusia2 perahu jg agama tertentu, nanti kalo udah berkumpul semua di negeri yg dipaksa untuk nampung mereka, maka gampang nanti tinggal ngebomnya, tapi kita liat aja nanti, ramalan tinggal 500 juta orang itu, mereka atau qta nkri raya

  14. Ohhh…, gak bisa bayangin jk yg kena’ macam itu anakku…, tak tebas itu arab saudi kturunannya abu jahalll…….,

  15. arab saudi pusat peradaban agama islam yg tak bisa memberi suri tauladan bagi umat muslim di seluruh dunia

  16. andai nabi msh hidup alangkah sedihnya melihat negara yg ia bangun ternyata sebagai pusat pembantaian umat muslim

  17. Sudah saatnya Indonesia turun tangan sebagai negara dengan penduduk muslim terbesar . Kirimkan bantuan kesana desak adakan gencatan senjata untuk memberi peluang bantuan masuk. Ayo Pak JK tangan dingin bapak sudah terbukti mampu menyelesaikan banyak konflik.

  18. zaman jahiliyah sudah terjadi di jazirah arab. saling bunuh sesama orang arab……na’udzubillahi min dzaalik.

  19. Ni mah perang egois antara iran dan arab. Apakah konflik yaman kita hrus sllu mnyalahkan arab saudi and sekutu. Tentu kita harus bijak mnyikapi semua ini. Yg prtama” hrus di salahkan ialah iran yg ke 2 As. Bknkah itu biang kerok konflik di negara” arab slain israil .

  20. “Penduduk negeri YAMAN telah datang kepada kalian,Mereka adalah orang yg paling lembut hatinya.Iman itu ada pada YAMAN,Fiqih ada pada YAMAN,dan HIKMAH ada pada YAMAN.”(HR.Imam Ahmad)

    “Sesungguhnya kelak aku akan berada di samping telagaku,kemudian aku akan menghalangi orang-orang yg akan meminum dari telagaku,agar penduduk YAMAN dapat meminumnya terlebih dahulu,aku memukul dengan tongkatku sehingga air telaga tersebut mengalir untuk mereka.”(HR.Muslim)

    • “Pada akhirnya umat Islam akan menjadi pasukan perang: satu pasukan di Syam, satu pasukan di Yaman, dan satu pasukan lagi di Iraq. Ibnu Hawalah bertanya: Wahai Rasulullah, pilihkan untukku jika aku mengalaminya. Nabi shollallahu ‘alaihi wa sallam: Hendaklah kalian memilih Syam, karena ia adalah negeri pilihan Allah, yang Allah kumpulkan di sana hamba-hamba pilihan-Nya, jika tak bisa hendaklah kalian memilih Yaman dan berilah minum (hewan kalian) dari kolam-kolam (di lembahnya), karena Allah menjamin untukku negeri Syam dan penduduknya.” (HR. Imam Ahmad)

  21. Berbanggalah menjadi warga negara indonesia, barusan menonton acara di televisi betapa antusiasnya jajaran pemerintah, organisasi kepemudaan, serta masyarakat aceh yang dengan ikhlas menolong imigran bangladesh dan myanmar, keceriaan terpancar ketika para relawan menghibur anak-anak imigran di pengungsian, dan yaman meminta bantuan kemanusiaan pada pemerintah indonesia menunjukkan negara kita besar dan membantu tanpa pamrih, itulah sebuah negara yang mempunyai jatidiri.

    • Alhamdulillah itulah Negri kita indonesia, mubarak untuk rakyat aceh yang membantu pengungsi, kalian tangan kami yang terdepan, mereka muslim saudara kita seiman, tolong bantu mereka, karena Tuhan ada dalam doa doa orang yang teraniaya, mubarak

  22. dasar

    • orang arab sebenarnya tidak bodoh bung, cuma sebagian besar dr mereka punya watak keras jadinya seperti kita lihat sekarang ini masyarakat sipil yg jadi korban.

  23. @laut biru hati2 bung klo bicara, RosuluLLah itu orang arab, arab itu luas gak cuma saudi,,,Yaman tau klo yg ngurusin kmanusiaan di Yaman selain RI gak bakal digubris sama Iran, krna yaman jg tau Iran segan sama RI, tp kayaknya RI bakal ikut andil soalnya klo dikait2kan, koq mau Aramco duet bareng Pertamina klo gak ada barter kepentingan, moga RI makin cantik mainya, gak ada teman n musuh abadi, Utamakan kepentingan n kemajuan Bangsa

  24. Ane waktu itu nonton fast n farious 7, pas ada suting di riyadh kok dipantainya org org nya pada pake bikini gtu ya kaya di eropa baru tau saya kalo arab ga seperti yg saya fikirkan sebelumnya,,,ampuni baim ya allah

  25. Ane waktu itu nonton fast n farious 7, pas ada suting di riyadh kok dipantainya org org nya pada pake bikini gtu ya kaya di eropa baru tau saya kalo arab ga seperti yg saya fikirkan sebelumnya,,,ampuni baim ya allah…..lindungilah muslim yaman

    • @lamsir: itu cuman stereotype Arab aja. kalo ente mau tau lebih jauh ente bakalan geleng2 kepala ga berenti2.

      di arab itu yang islami itu di sekitaran masjidil haram aja karena emang tanah suci ga bisa dimasukin non islam dan harus pakaian tertutup.

      kalo di luar itu, percaya deh kehidupan ga jauh beda sama Indonesia. bahkan bisa dibilang Indonesia lebih Islami.

      • di ryadh gak ada pantai bung, yg ada di dahran jeddah dll, klo untuk khdpan di kota slain mkkah dan madinah, bisa dblng bersaing bung, apalagi jeddah bung dlunya saya kira di jeddah bnr2 islami ,tp mlah kebalikannya apalagi khdupan kupu2 malamnya….

  26. pala lo ga bisa jadi suri tauladan…emang negara mana yg bisa lo jadiin suri tauladan.

  27. anak lo emang Blum kena..tapi nenek moyang lo dah kena..tapi lo diem aja tuh..waktu belanda,inggris DKK ngebunuh keturunan kita sampe ratusan tahun..malah lo ciumin tuh bangsa lewat produknya.kecuali lo keturunan penjajah..

  28. saudi dan koalisi harus mengehentikan serangannya dan syiah harus egera menarik diri dari seluruh yaman kembali ke daerah otonomi syiah sendiri tanpa harus mengusai negara yaman dgn cara kekerasan. iran harus menghentikan bantuan terhadap kaum pemberontak untuk menyerang dan menjatuhkan pemerintah yaman yg sah. semua bisa dibicarakan dgn damai di meja perundingan. jika emerintah yaman melakukan aksi kekerasan di daerah otonomi syiah, maka bisa terkena sanksi, dan jika syiah berulah lagi dgn melakukan penghasutan dan huru hara di negara yaman atau melakukan aksi diluar daerah otonomi,maka syiah itu betul2 syiah isna as’ariyah, yang berusaha menguasai dunia dan ingin menghancurkan ahlussunnah wal jamaah.

  29. vantura@ jaman udah jaman informasi, lw masih kampungan aja. saya yakin ente belajar dari org2 yg benci mereka. jaman skrg, utk menelusuri suatu isu sudah sangat mudah. ini jaman informasi geng. skrg bukan jaman batu lagi. hehehehe…

  30. Inget film the lord of the ring, the eyes seeing all……

  31. tadinya mau berbagi informasi lebih banyak disini, tp krna internet disini lg bnr2 di perketat,sluran telfon,smpai cctv umum di jaga banyak polisi nguping, mud2hn perangnya cpt slsy…

  32. di taman dekat masjid hani alhamra ada tembok mata satu

  33. Mcd Bagong : “maaf mas bagong, tolong sebutkan nama negara kita secara lengkap, “Indonesia” bukan indo,apalagi Indon.. Terima kasih.. Salam kenal..”

  34. Arab Saudi & koalisinya nya dong yang paling hrs bertanggung jawab thd rakyat yaman !

  35. Prihatin sekali,,,,,
    sayangnya muslim di Indonesia masih minim sekali informasi akurat mengenai konflik di yaman, sebagian muslim indonesia tahunya hanya masaah syiah….. ga salah kalau masih ada sebagian muslim disini yang jelas2 tertawa dan berteriak allahu akbar diatas perbuatan biadab arab…..

    silahkan lihat peta YAMAN, untuk sedikit memahami konflik sekarang sedang terjadi…

  36. bagi yg suka perang atau sebentar2,,,bilang perang,,,,suka kondisi beginian,,,krisis listrik, air bersih, bahan bakar minyak….. 😀

    klw masih bisa damai knpa tidak.
    beruntungnya indonesia

  37. syiah dan sunni, selama dlm hatinya Islam/berserah diri kepada YMK, akan membawa kebaikan bagi umat manusia dan di akherat, jangan saling curiga dan menghujat, tdk ada guna.

  38. Lebih bijak mengurusi (kerja sama dengan negara anggota ASEAN) pengungsi rohingya tidak relevan kalau Indonesia ikut ikutan membantu Yaman dalam hal apapun, jangan mau diperalat negara-negara arab. semoga amin.

    Indonesia sudah dewasa.

  39. Islam gk berlambang gan…. bulan bintang bukan lambang islam, hati hati kalo melambangkan islam apalagi masjid… coba cek di google di indocropcircle.wordpres.com atau di google dengan kata kunci indocropcircle wordpress…

 Leave a Reply