Oct 112016
 
Pesawat Sukhoi SU-35

Pesawat Sukhoi SU-35

Jakarta – Kementerian Keuangan mengusulkan pemotongan anggaran bagi Kementerian Pertahanan sebesar Rp 2,5 triliun dari Rp 104,4 triliun menjadi Rp 101,9 triliun di Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) 2017. Namun, pemangkasan anggaran ini diyakini tidak akan mengganggu kinerja Kemenhan.

“Tadi Bu Menkeu tidak hadir, jadi tidak ada keputusan dan akhirnya pembahasan anggaran tahun depan, ditunda. Karena keputusan hanya dari beliau, tidak bisa diwakilkan,” ujar Menteri Pertahanan (Menhan), Ryamizard Ryacudu di Gedung DPR, Jakarta, (10/10/2016).

Terkait pemotongan anggaran Rp 2,5 triliun di 2017, Ryamizard optimistis tidak akan mengganggu kinerja ?Kemenhan, khususnya dalam menjalankan program-program prioritasnya untuk bangsa dan negara.

“?Prioritas kami kesejahteraan, pergantian alutsista yang sudah tua, melengkapi arsenal pesawat yang kurang, contohnya bom atau rudal. Jadi tidak ada masalah,” ujar Ryamizard.

Ryamizard menuturkan, anggaran yang dipotong bukan untuk program atau kegiatan mendesak. Kegiatan mencegah terorisme, penanggulangan bencana alam termasuk di daerah perbatasan, akan menjadi prioritas.

“(Pemotongan anggaran) untuk kegiatan yang tidak mendesak, tapi alat berat untuk bencana di perbatasan masuk kategori mendesak. Untuk ke depan belum ada perang besar-besaran, apalagi 1-2 tahun tidak ada. Ancaman nyata seperti : teroris, bencana alam itu yang didahulukan ,” ujar Ryamizard.

Menteri Pertahanan mengatakan pembelian alutsista tahap II. “Sukhoi ganti, tapi tidak banyak. Kita tentara rakyar, semua yang diperjuangkan untuk rakyat dan kepentingan rakyat harus didahulukan,” tuturnya.

Kemenkeu memangkas anggaran sebesar Rp 2,5 triliun dari Rp 104,4 triliun menjadi Rp 101,9 triliun. Fokus belanja untuk pengadaan alutsista, peralatan perang, pesawat tempur yang menjadi target pelaksanaan 2017.

“Mudah-mudahan hanya penajaman saja karena masih ada yang belum optimal. Kemenhan tahu mana yang harus dikendalikan,” ujar Dirjen Anggaran Kemenkeu, Askolani.

Sumber : Liputan6.com

Berbagi

  109 Responses to “Yang Direvisi dalam Belanja Militer RI Tahun 2017”

  1.  

    Wkwkwkw… kaji undur batal

  2.  

    Pertamaxxx ??

  3.  

    Perkiraan saya, jika terjadi pemotongan anggaran belanja militer Indonedia kemungkinan besar tidak akan terlalu besar.
    Karena biar bagaimanapun Cash Negara Indonesia terkoreksi naik atau positif yang dikarenakan berhasilnya program tax amnesty.
    Jika anggaran belanja harus terkoreksi turum atau negatif, itu lebih dominan di sebabkan oleh faktor lajunya pertumbuhan ekonomi.
    Btw apapun hasilnya, saya berharap yang terbaik bagi Negara Indonesia dan TNI.

  4.  

    Koreksi tulisan postingan komentar sebelumnya :

    Perkiraan saya, jika terjadi pemotongan anggaran belanja militer Indonesia kemungkinan besar tidak akan terlalu besar.
    Karena biar bagaimanapun Cash Negara Indonesia terkoreksi naik atau positif yang dikarenakan berhasilnya program tax amnesty.
    Jika anggaran belanja harus terkoreksi turum atau negatif, itu lebih dominan di sebabkan oleh faktor lajunya pertumbuhan ekonomi.
    Btw apapun hasilnya, saya berharap yang terbaik bagi Negara Indonesia dan TNI.

    •  

      Hati2 bung bicara tax amnesty. Dana Tax Amnesty yg didapat saat ini utk pembiayaan devisit anggaran berjalan tahun ini, agar hutany kita tdk bertambah.
      Sedangkan tahun depan diprioritaskan pd sektor infrastruktur yg percepatannya memerlukan dana masuk besar utk pembayaran termin proyek2 tersebut.
      Itu makanya bu Sri sdh memproyeksikan estimasi bawah, artinya jika pendapatan mendekati target maka diprediksi dulu pos2 pengeluaran yg akan disembeleh.
      Tahun ini saja defisit berjalan sdh mendekati 300T. Artinya dana yg didpt dr Tax Amnesti br bisa mencover sebagian anggaran berjalan tahun ini.
      Dari mana anda katakan Cash Negara Indonesia terkoreksi naik atau positif.?

      •  

        @jojook Terus lu sendiri bisanya apa? cuma 6 kata tanpa isi..

      •  

        Apa tujuan dari “Tax Amnesty” ataupun pendapatan negara daei sektor lainnya seperti contohnya cukai.
        Semua itu semata-mata hanya untuk cash negara.
        Untuk ukuran pembelanjaan militer sendiri sudah ada ratio yang ideal dari pemerintah, yaitu 1,5 persen dari total pertumbuhan ekonomi Indonesia (6 persen)
        Dalam hal defisit di berbagai bidang, maaf, itu alasan klise dari negara.
        Karena dalam hal defisit ataupun tidak defisit tidak pernah di publish ke rakyat.
        Btw nominal yang anda sebutkan diatas bukanlah murni dalam artian defisit.
        Jika anda paham, semua hutang luar negri Negara Indonesia bukanlah di bayar dengan kurs Rupiah, melainkan dolar Amerika.
        Nilai tukar Rupiah yang sempat menanjak naik keatas juga dapat membuat membengkaknya hutang luar negri Indonesia.
        Jadi unsur defisit yang anda kemukakan sifatnya rancu dalam artian tidak ada lampiran di departemen mana kita anjlok dan disebabkan karena apa.
        Defisit dalam artian luas, mungkin sebagian masyarakat kita akan paham, akan tetapi jika mengatakan defisit dalam satu lingkungan birokrasi tidak semua masyarakat kita akan mengetahuinya.
        Btw mohon koreksi jika ada yang memang perlu di luruskan.
        Dan dalam hal ini saya berpendapat dari sudut pandang orang awam yang di karenakan tidak mengetahui rahasia di balik birokrasi pejabat antar instansi kepemerintahan.
        Dalam hal ini juga saya ingin menyampaikan permohonan maaf jika ada kata / tulisan yang sifatnya menyinggung.

        Mohon pencerahannya…

        Trims…

      •  

        http://googleweblight.com/?lite_url=http://www.worldbank.org/in/news/press-release/2016/06/07/world-bank-cuts-2016-global-growth-forecast&ei=qU1-T2uf&lc=id-ID&s=1&m=200&host=www.google.co.id&ts=1476146938&sig=AF9NednRVC6Jcs0sm_MiNksF2jsAjACBzQ

        Link diatas mungkin dapat di jadikan bahan koreksi untuk ekonomi global.
        Btw mohon maaf, jika berbicara mengenai “defisit” sekali lagi tergantung kita mengambil dari mana sudut pandang kita berbicara.
        Ada banyak faktor untuk pengertian defisit.
        Saya pribadi melihat lebih di titik beratkan ke nilai tukar rupiah terhadap dolar.
        Hal ini sangat berpengaruh untuk pembayaran hutang luar negri kita yang sebelumnya, sekarang ataupun yang akan datang.
        Dan kejadian di lapagan pun sebagiannya membuktikan seperti itu.
        Saya mencontohkan kejadian nyata yang tidak ada hubungannya dengan militer akan tetapi berhubungan langsung dengan kurs nilai tukar rupiah terhadap dolar.

        Belakangan ini banyak garment yang gulung tikar ataupun memPHK pekerjanya yang dikarenakan nilai tukar rupih yang anjlok terhadap dolar.
        Padahal garment tersebut di miloki oleh warga negara Korsel dan memproduksi pakaian brand USA (Eksport)
        Dari cerita kejadian diatas dapat kita kaitkan dengan pemasukan bea eksport – import untuk negara.
        Akan tetapi hal yang berbeda di sektor BUMN, contohnya PERTAMINA…

      •  

        Jika saya asbun, silahkan kepada anda yang tidak asbun dan pandai menjelaskan kepada saya…

        Monggo di mulai penjelasannya…

      •  

        Biar ga’ pada ribut, silahkan baca yg ini; http://jakartagreater.com/ayo-mari-kita-berhitung-seri-24/

      •  

        Yg anda bahas sebelumnya diatas adalah anggaran negara, maka saya menanggapi jg perihal defisit anggaran negara.
        Dari mana tolok ukur anda yg mengatakan Cash Negara Indonesia naik dikarenakan keberhasilan Tax Amnesty.?
        Sebelum pembahasan jauh melenceng, coba anda buka situs BI. Disana anda temukan data lengkap defisit anggaran.
        Saya sekedar mengingatkan anda saja agar jng memberi info yg salah.
        Salam

  5.  

    su 35 udah pasti jadi ..tonton nih pernyataan panglima diakhir video :
    https://www.youtube.com/watch?v=ML19_lEAHAM

    •  

      “Menteri Pertahanan mengatakan pembelian alutsista tahap II. “Sukhoi ganti, tapi tidak banyak. ”

      nah udah muncul skenario nya tinggal tunggu jam tayanng nya smakin mnguatkn su 35 melalang buana di air supperiority indonesia…

      tahap II kapan kah ? 2017-2019 kah ?

      mungkin suhu2 bs mebabarkan klu2nya

  6.  

    ???

  7.  

    Test…

  8.  

    Tidak apa dana anggaran pertahun nya di kurangi asal jangan anggaran MEF 2 yang di kurangi kan besar itu 😀

  9.  

    “Menteri Pertahanan mengatakan pembelian alutsista tahap II. “Sukhoi ganti, tapi tidak banyak. Kita tentara rakyar, semua yang diperjuangkan untuk rakyat dan kepentingan rakyat harus didahulukan,” tuturnya.”
    Mumet kalu baca/denger keterangan menHan yg ini…mungkin ada hubunganya program pertahanan sekarang yg rasanya tidak jelas, tidak rapih dst dst…(maaf kami rakyat pembayar pajak berhak menilai dan membandingkan dengan cara/program menhan/kemenhan sebelumnya)

  10.  

    mas diego, kok browser saja yang menerima update terbaru artikel dari jakartagreater, sedangkan chrome browser lama sekali update beritanya… mohon kedepannya bisa diperbaiki agar pengguna browser mengetahui berita terbaru jakartagreater… thanks

    •  

      Om diego lagi pusing bung…anggaran jkgr ikut dipangkas juga efek kemenhan kena pangkas sama bude sri…hihi
      Makanya tampilan jkgr dibuat seadanya plus makin lemot diakses…hihi..pisss..

  11.  

    ini orang asal bacot.pak RR anggaran untuk bencana alam itu urusan depsos pelaksana utama basarnas.begitu juga utk terorisme itu tugas pokok densus 88 dan jelas ada anggarannya.terus utk kepentingan rakyat ?..maksudnya gimana ?..apa sebagian anggaran tni utk rakyat.rakyat ada yg ngurusi sendiri pak.itu ranah pempus,pemprov,pemda.sudahlah pak,anda sudah sepuh saya perhatikan anda tdk mampu menjalankan jabatan. itu terlihat dari cara kinerja bapak.mencla mencle.

    •  

      bung, sebelum meremehkan / menghina orang lain, pastikan dulu pengetahuan anda cukup,

      http://www.globalsecurity.org/military/library/policy/army/fm/6-60/fig3-1.gif

      pelajari cakupan operasi militer di atas, disitu ada antiterrorism, disaster relief, civil support dan nation assistance (2 yang terakhir sangat luas pengertiannya)..

      •  

        biasa lah bang, harap maklum aja. orang-orang dengan sumbu pendek kayak gini biasanya yang gampang terprovokasi. liat aja bacotannya, baru baca berita gitu aja langsung keluar kata-kata menghina orang lain. Dia pikir dia itu siapa, belum tau dia siapa itu RR hahaha

    •  

      Tong kosong nyaring bunyinya buung….dan biasa orang yg gak tau atau kurang pengetahuan kadang malah biasa menyimpulkan sesuatu…jadi menurut sy anda lah bung yang kebanyakan bacot…hahaha..tenang bung….mending silent..banyak belajar drpd malu maluin kayak bensin kena api aja….wuuuuush hadeeeeww

    •  

      Sperti nya bung sarip minta di karungin. Mau karung goni apa karung terigu bung. Wkwkwkkk

    •  

      Bung Sarip,

      Coba dipikir terlebih dulu :

      1. Jika terjadi bencana alam, apa saja yang diperlukan ?
      Personel dan alat berat serta makanan untuk korban.
      2. Personel dari mana ? Terbanyak dari TNI.
      3. Bagaimana cara mengangkut alat berat secara cepat ke daerah bencana ?
      Pakai heavy transport helicopter.
      Apa saja mereknya ? Chinook,AW101 dll.
      4. Bagaimana cara dropping makanan ke daerah bencana secara cepat ? Pakai pesawat angkut.
      Apa saja mereknya ? CN235, Herky, IL76MD, A400.
      5. Jika bencana terjadi di ombak tinggi, butuh kapal apa ? Kapal besar. Apa saja jenis kapal besar ? LPD, Fregat dan destroyer.
      6. Jika bencana terjadi di laut dalam, butuh apa ? Sonar. Alutsista apa saja yang dilengkapi sonar ? Kapal selam dan kapal perang ASW serta helikopter ASW.
      7. ASW itu apa ? Anti submarine weapon.

      Saat Pak RR bicara tentang penanggulangan bencana maka secara tersirat dia bicara tentang alutsista pendukung logistik, pengerahan prajurit dalam jumlah besar dan pengadaan kapal2 besar dan persiapan peperangan anti kapal selam.

      JELAS ?

    •  

      kalo pembangunan infrastruktur jalan terus, perbatasan diperjelas, industri pertahanan dalam negeri dioptimalkan, laut bernilai tambah, riset teknologi ada perkembangan dan hal lainnya yang menunjang naikkan GDP Indonesia bukankah hal itu lebih baik untuk peningkatan budget militer ke depan? kesejahteraan prajurit juga harus dipikirin, yang kerja di Pal juga tua2, Pindad blm bisa nampung semua order, DI masih harus dibenahi, dan yg lain.. ? so jangan terlalu bangga punya aircraft canggih, destroyer, sam dkk tp SDM terbatas, maintenance mahal, SDM kita kurang buat ekspansi industri pertahanan itu sendiri…buat apa buang duit ke negara lain kalo masa depan industri dalam negeri ngak siap… emank kalo ada yang mengganggu kedaulatan negara perang hanya terjadi 1 minggu?… mikir defense buat masa depan negara sendiri jangan gengsi,, kenyataan kita masih lemah di dalam, negara besar seperti Indonesia GDP yang ngos-ngosan ngejar pendapatan $1000B itu ngak wajar dan sekarang itu yang dikejar…buka mata dan keliling Indonesia biar tau perubahan itu nyata, bantu Indonesia dengan prestasimu no komen2 klo ngak cinta NKRI

  12.  

    Jika dilihar dari tata bahasa dari menhan, sptnya memang dia tdk cocok jadi mentri pertahanan, bahasa indonesianya amburadul, knp org macem bgini dijadikan menhan oleh pak presiden???? Kebijakan yg aneh, semestinya cari menhan itu yg gagah, miliki ide cemerlang dan punya naluri sbg pejuang, klo spt ini dipilih hingga 2 periode, mungkin pertahanan indonesia tdk akan maju2 dan akan tetap spt ini2 saja…menhan yg aneh….

  13.  

    …”sukhoi ganti”… Apa maksudnya ganti tukino saja? Omongan menhan kita ini memang sering aneh-aneh

    •  

      ”sukhoi ganti”
      Itu yang paling membingungkan saya dari semua kalimat dalam artikel di atas. Sukhoi yang dibeli di era Mega itu masih cukup lama masa penggantiannya. Berarti yang beliau maksud ”sukhoi ganti” itu adalah rencana pembelian Su-35, diganti pesawat lain?
      Lalu pesawat apa yang lebih cocok selain Su-35? Yang lebih mahal banyak !

    •  

      Kalau diganti tukino bakalan terlalu mencolok. bung. Rakyat banyak yang protes.
      Mungkin diganti J-11, rakyat gak ada yang tau kan???

  14.  

    Katanya pengen kuat… Tapi kok di undur mulu pembelian alutsistanya??

  15.  

    Tidak akan terjadi perang besar dalam 1-2 tahun?? tau dari mana coba -__-

  16.  

    waowaowao

  17.  

    Saya kangen sama sikap tegasnya pa rr waktu masih jadi KSAD.

  18.  

    testing…testing….ora bisa comen

  19.  

    ANGGARAN TNI TAMBAH MEMBLE

  20.  

    Apa perlu naturalisasi MENHAN VIETNAM ???

  21.  

    Syukurlah, moga di apbnp ada yg special…

  22.  

    Dipotong hampir tiga trilyun tp diyakini tdk mengganggu kinerja kemenhan.. Wkwkwkkk.. Luaarr binasaaa..

    •  

      klo anda paham diagram cakupan operasi militer diatas, gak ada yang luar biasa bung..
      lagian pemotongan hanya 2,4% dari anggaran

      ranah kinerja kemenhan terbagi 3, war, conflict dan peacetime.
      menurut analisa tidak akan ada perang dalam 2 tahun ke depan, jadi pemotongan bisa dilakukan terhadap anggaran war & conflict (masing2 1,2 %).

      klo mencerna omongan pak rr jangan pernah lupa ajaran sun tzu, All Warfare Is Based Upon Deception (seluruh peperangan adalah tipu daya); pretend to be weak, that he (enemy) may grow arrogant, berpura2 lemah (fokus ke bencana alam dsb, padahal diam2 pesan alutsista gahar), agar musuh arogan…

  23.  

    detik…” menhan rhamizard nyatakan tak akan beli alutsista canggih…fokus cuma lengkapi logistik prajurit perbatasan”
    sudah bisa mencerna kah?????masih mewek sukhoi terus……..????beli layangan sana noh ha ha

  24.  

    pilih lg presiden dari tni biar betambah hutang dan negara stabil..

  25.  

    Menteri Pertahanan mengatakan pembelian alutsista tahap II. “Sukhoi ganti, tapi tidak banyak”
    Maksudnya apa ya? Sukhoi 27-30 TNI AU mau diganti dengan pesawat lain tapi tidak banyak? Atau rencana pembelian Sukhoi 35 diganti dengan pesawat lain? Atau F-5 tetap di gantikan dengan Sukhoi 35 tapi tidak banyak?
    Nggak jelas euy

  26.  

    Coba Nama TNI di ganti dengan ABRI kembali seperti yang di ajukan Ibu Conie. Pasti anggarannya Ces pleeeng

    •  

      si conie didengerin…efek kebelet jd menhan tp gak kesampean sukanya ngomong yg gak penting. Gak ada efeknya ganti nama buang buang energi…apapun namanya prajurit NKRI strooongg…hihi..

  27.  

    Yo wis tenang wae,…..semua pasti kebeli.

  28.  

    Mas bro…maksudnya Bapaknya itu sukhoi ganti dengan yang terbaru, bukan yg 27 ma 30…tapi 35 cuma ga banyak…ngono lho….

  29.  

    Semoga tidak mengganggu rencana MEF 2

  30.  

    Nuwon semu asskum, minyak pertalite nggeh

  31.  

    akhirnya pak RR nongol jg, yah mo gimana lg pak, ekonomi lg ruwet, seumur2 baru x ini ane perhatiin daya beli masyrakat sampe terjun bebas begini,,,tp su 35 tetep dicomotkan pak? klo banyak, sih pas buat efek deteren, tp klo sedikit cukup utk penggembira saja

  32.  

    ganti menhannya dg pak GERRRRR.pasti lebih galak

  33.  

    tutup aja jalur udara,laut &batalin kerjasama ama aushit,pusing deh kangguru!

  34.  

    sebaiknya yang direvisi itu alustita yang sudah jauh tertinggal tekhnology nya bwetulkan

  35.  

    kita punya 200 juta lebh rakyat yg siap membela NKRI,gk usah beli beli senjata canggih,ok pak,kmi siap membela NKRI tp gmn dgn mrk warga negara cina yg dtg keindonesia dan di E KTP kan pak???apa mrk akan ikut pula berjuang membela NKRI,atau mrk kita jdikan sasaran latihan tembak…!!!

  36.  

    jadi enggak ada rencana beli pesawat untuk memadamkan api ya pak? soalnya kami warga negara Indonesia bingung pak. Beli alutsista kok pesawat pemadam api. Kalo yang beli Dinas Pemadam Kebakaran atau Kementrian terkait tetapi di operasionalkan oleh TNI AU itu baru masuk akal. Tapi kalo ternyata selanjutnya itu kapal digunakan untuk ngebom musuh saat perang menggunakan limbah nuklir mungkin masuk akal.

  37.  

    Ekonomi indonesia sedang jatuh , payahhhhhhh . . . .

  38.  

    gak jadi mastrubasi dengan su-35 ya kalian, hahahaha. jadi era widodo sudah beli senjata apa???????

  39.  

    Potong anggran asal tdk mengurangi kesejahteraan keluarga TNI dan harus jg di naikkan tingkat kesejahteraan keluarga TNI. Kalau bisa pemerintah memberikan fasilitas rumah bagi TNI yg tdk tinggal di rumah dinas, jgn kontrakan rumah….kalau sdh ada kemudahan memiliki rumah , paling tidak kalau nyicil rumah masih mampu.

  40.  

    semakin lama ini forum bukan ada kemajuan malah gak kondusif, beda sekali yah dari tahun tahun lalu.. dengan berdiskuai hangat, adu wawasan namun santun, bahkan perdebatan panas ‘logis’ sehingga mudah dicerna, dan tentunya penuh kedamaian.
    kalaupun berwawasan luas biasanya renda hati mengaku awam, sok ‘belajar”, minta diarahkan dan mohon pencerahan.
    gak pada asbun, sok tahu, sara, tulisan huruf GEDE,dan saling menghina.

  41.  

    semakin lama ini forum bukan ada kemajuan malah gak kondusif, beda sekali yah dari tahun tahun lalu.. dengan berdiskuai hangat, adu wawasan namun santun, bahkan perdebatan panas ‘logis’ sehingga mudah dicerna, dan tentunya penuh kedamaian.
    kalaupun berwawasan luas biasanya renda hati mengaku awam, sok ‘belajar”, minta diarahkan dan mohon pencerahan.
    gak pada asbun, sok tahu, sara, tulisan huruf GEDE,dan saling menghina.

  42.  

    bung, gak usah sejarah, di apbn-p 2014 aja anggaran kemhan rp 86,376 T dipotong 4,521 T..

  43.  

    Tua-tua keladi, makin tua makin jadi. Semakin dewasa pemikiran seseorang, maka semakin banyak strategi seseorang. Banyak musuh di luar dan di dalam. Dari saudara ipar, dari mertua, dari menantu, dari tetangga, dari teman sekantor, dan sebagainya. Begitu pula dengan indonesia dan militernya. Jadi menhan itu sangat berat, harus punya kesadaran situasional tinggi, harus tau siapa kawan siapa lawan, harus punya trik bicara mengelabui lawan agar tidak mengetahui kekuatan dan potensi kita. Salam nkri.

  44.  

    Bisa beli senjata canggih dan gahar itu membanggakan. Namun akan jauh lebih membanggakan kalau bisa membuat senjata sendiri. Walaupun untuk tahap awal hanya bisa merakit saja. Tapi memang harus demikian, daripada tidak sama sekali. Semoga sukses. Amin.

  45.  

    Kata siapa ditunda.? Kalo tetangga sebelah memang masih pikir2.

  46.  

    Uang jajan su35 gak kena sunat. Selow lahh.. (Sudah di bayar lunas)

  47.  

    Infoglobal.
    Pembuat avionik IFX. Produsen dalam negeri yang bergerak di bidang software dan avionik.

    Inilah perusahaan yang melakukan pengembangan lanjutan bersama: Lapan, BPPT, PT.LEN dan PT.DI yang telah mendapatkan teknologi data dan prototipe IFX.

    Adapun infoglobal adalah perusahaan yang telah sejak lama bekerja sama dengan TNI dalam memperbaharui dan merombak avionik dari F-5 dan hawak serta meningkatkan kemampuan avionik f-16 TNI AU. Perusahaan ini jugalah penyedia salah satu perangkat penting avionik Hawk Malaysia. (MetroTV – wikipedia)

  48.  

    dlm segi pengalaman militer memang sy tak meragukan kemampuan p rr, ini termasuk perwira favorit sy dr sewaktu jadi komandan indobat sampai jadi KASAD, sewaktu di bawah bu megawati kesan merima apa sj yg di belikan pemerintah sangat kelihatan, pun begitu jika sy di beri pilihan memilih menhan sy kok lebih suka pak pramono edi, beliau mempunyai wawasan memodenkan alutsista kita yg waktu itu msh kecil, ini hanya pendapat sy pribadi

  49.  

    Muehehe..

    baca articel ada tanda, dan kalimat tersirat.
    anggaran 2017..

    pergantian f5(su35).
    perlengkapan rudal, dan bomb f16 & su35.
    penanggulangan bencana alam pesawat amfibi be200/us2.

  50.  

    Yg diperlukan adl Membungkam f35 dan rudal jelajah yg dipunyai asu cs..itu yg penting sebenarnya…

    SU series untuk offensif saja dan head to head dg pespur musuh,
    kekuatan untuk defensif sangat perlu..krn dari jaman pd2 sekutu selalu menghujani musuh dg bom dan rudal..baru personil masuk untuk finishing…

    Kalo asu cs head to head personil..kita pasti bisa kalahkan..krn mental tentara mereka cuma tempe bacem..

    Ingat perang pasifik..jepang dihujani bom asu begitu banyak akhirnya jepang jga keok…

    Kalau dilihat skrg indonesia masih dibawah asu cs jika perang..

    So TNI must to be stroong..or conquer and to be slave..

  51.  

    Yg penting SU35 tetep di borong jd nggak masalah kl anggaran di potong he..he..he….

  52.  

    pernah dengar pepatah kalo mau pesawat tidak enak tp manuver hebat nah biasa pespur rusia masuk invetori lah,kalo head to head belum tentu pespur buatan nato bisa melawan pespur rusia(maksudnya 1 v1)masalahnya sekarang pespur ada temenin heheeheheh

    pespur rusia emang digunakan untuk bertempur jd soal kenyamanan dirasakan kurang(yg ngomong bukan saya ya)nah kalo untuk kenyamanan pespur2 nato dn barat lebih oke(amrik,jerman,prancis,swedia),kalo soal nyaman tidak nyaman kalo sudah perang tidak ada rasa nyaman atau enak karena meninggal dan hidup bedA tipis:)

    salam damai selalu:)

  53.  

    ” sukhoi ganti”??? apa maksud nya sukhoi kita di ganti dengan gripen atau f16 viper pak??? hahahaha…

  54.  

    Pemotongan anggaran pertahanan sebesar apapun, tetap saja berakibat penurunan dari 104,4 T menjadi 101,9 T, ……….. hal ini angat bertentangan dgn janji2 beliau yang selangit ……. bla bla bla bla, kenyataannya sekarang ??? ………… ngnganu nganu nganu !!!

  55.  

    Alasan nya …………. ngnganu nganu nganu, ………….. preeeth !!!

  56.  

    Sebetulnya tidak ada pemotongan Dana,
    Tapi Komandan….usulkan gaji Naik sampai 50% & program perumahan buat TNI…Harus berjalan

  57.  

    klo mau perang jngn ngorbanin rakyatlah…klo gini caranya …percuma gak ada kekuatan….sia2

  58.  

    Test

  59.  

    Yg lalu biarlah berlalu. Jangkriiiiik bosssss…

  60.  

    Menurun or Menanjak nich…

  61.  

    Kaco

  62.  

    MEF tahap 2 tak segahar MEF tahap 1,, rakyat mu alan menilai pak menhan,,,,

  63.  

    Naek goceng mayan dah buat beli gorengan…kesejahteraan prioritas…hihi…

  64.  

    Sukhoi ganti sukhoi…artinya sukhoi nya makin banyak…jelas…? hihi..

  65.  

    Begitulah kalo pejabat titipan barat, ga bakal dikasih berkembang negara ini,sunat sana sunat sini,alasan penghematan, ga percaya indonesia ga punya duit,

  66.  

    @mario delgodel

    Engga….tante cuma butuh dipijit aja, bagian bawah nih

 Leave a Reply