Mar 132019
 

Dengan pembekalan wawasan kebangsaan setidaknya siswa-siswi baru SMP Negeri 1 Cikembar akan taat dan tertib terhadap hukum, selain itu akan mempunyai sikap patriotisme dan nasionalis yang disesuaikan dengan perkembangan zaman.

Cikembar, Jawa Barat, Jakartagreater.com    –    Batalyon Armed 13/Nanggala Kostrad mengunjungi SMP Negeri 1 Cikembar pada kegiatan Nanggala Go To School dalam rangka HUT ke-58 Kostrad. Hal tersebut disampaikan Danyon Armed 13 Nanggala Kostrad, Mayor Arm Micha Arruan, dalam rilis tertulisnya pada Kamis 7-3-2019  di Cikembar.

Kegiatan itu sendiri dilaksanakan pada Selasa tanggal 6 Maret 2019  yang dipimpin oleh Lettu Arm Dedi F. Ginting selaku Pasi 1/ Intel Yonarmed 13/2/1 Kostrad.

Mayor Arm Micha Arruan mengungkapkan, dalam Nanggala Go To School kali ini, melalui pasi intelnya sekitar 120 siswa-siswi di sekolah tersebut di berikan meteri tentang bela Negara dan juga wawasan kebangsaan. Hal ini penting untuk menigkatkan jiwa nasionalisme dan patriotisme generasi muda. “Ini kita lakukan, untuk meningkatkan para generasi muda bangsa lebih nasionalis dan pratriotis,” katanya.

Dijelaskan Mayor Arm Micha Arruan, saat ini pengaruh budaya asing sudah mulai mempengaruhi kehidupan masyarakat di semua lapisan, bahkan generasi muda sudah mulai kehilangan rasa saling menghargai, sopan santun dan jiwa tolong menolong. Seperti banyak tawuran antar pelajar dan antar warga.

“Sepertinya generasi muda saat ini terlalu berkiblat ke negara Barat, sehingga mulai meninggalkan jati dirinya sebagai bangsa Indonesia yang ramah dan saling menghargai,” tegas Mayor Arm Micha Arruan.

Mayor Arm Micha Arruan berharap dengan adanya kegiatan seperti ini, para generasi muda, khususnya para pelajar yang ada di sekolah tersebut tetap memiliki jati diri, sehingga tidak mudah untuk dipengaruhi oleh derasnya budaya asing yang masuk saat ini. “Dengan terus belajar dan memiliki wawasan yang luas, diharapkan generasi muda terbentengi dari berbagai pengaruh budaya asing,” harapnya.

Atas terlaksananya kegiatan ini, salah satu perwakilan siswi dari SMP N 1 Cikembar menyampaikan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat buat generasi muda khususnya buat dirinya dan seluruh siswa-siswi di sekolah tersebut. Sehingga kedepan para generasi muda ini selalu memelihara jiwa nasionalisme, perjuangan para pahlawan, wawasan kebangsaan.

“Kalau bukan generasi muda yang maju siapa lagi,” pungkas Nurfadilah R.K salah satu siswi yang berprestasi di SMP N 1 Cikembar. Ungkapan yang sama juga disampaikan Kepala Sekolah SMP N 1 Cikembar Dedi Supriyadi, S.Pd., M.Pd., bahwa pembekalan terhadap siswa-siswi baru dimaksudkan agar mereka tahu dan paham tentang bagaimana sikap sebagai generasi muda dan warga negara yang baik,

”Dengan pembekalan wawasan kebangsaan setidaknya mereka akan taat dan tertib terhadap hukum, selain itu akan mempunyai sikap patriotisme dan nasionalis yang disesuaikan dengan perkembangan zaman. Hal ini kami mempercayakan pembekalan tersebut kepada TNI AD yaitu Yonarmed 13 Kostrad,” pungkasnya.  (tniad.mil.id)