Yonbekang 2 Dukung Terjun Payung Yonif Para Raider 501 Kostrad

JakartaGreater – Prajurit Yonif Para Raider 501 Kostrad melatih 270 personelnya untuk terjun statik dipimpin langsung oleh Danyonif Para Raider 501 Kostrad, Letnan Kolonel Inf Arfa Yudha Prasetya. Titik muat dilakukan di Lanud Abdurahman Saleh untuk terjun pada Kamis 12-11-2020 di daerah Plandaan, Jombang, Jawa Timur, dirilis Penkostrad.

Tujuan terjun statik ini demi meningkatkan kemampuan teknik dan taktik personel Yonif Para Raider 501 Kostrad yang berkualifikasi Para, dalam rangka kesiapan operasi Lintas Udara.

“Melalui latihan terjun Statik diharapkan prajurit Para Raider 501 Kostrad menjadi prajurit yang professional dan selalu siap untuk menjalankan tugas,” ungkap Danyon.

Kegiatan penerjuanan Taktis Yonif Para Raider 501 Kostrad ini, didukung oleh 1 Peleton Perbekud Yonbekang 2 Kostrad, dipimpin Kapten Cba Beny Rosa untuk tugas recovery darat dan udara.

Penerjunan Taktis ini menggunakan marshalling area Lanud Iswahyudi Madiun. Dalam pelaksanaan Penerjunan Taktis ini menggunakan Pesawat Angkatan Udara 1 Unit Hercules Long Body A-1327 dari Jakarta, Pilot Mayor Pnb Galuh, Copilot Lettu Pnb Alwi dan Letda Pnb Lutfi.

Kegiatan penerjunan terbagi menjadi 5 sorti. Penerjunan pertama dimulai pada pukul 05.30 WIB. Setiap personel Yonbekang 2 Kostrad, khususnya Ton Perbekud harus benar benar paham tentang payung udara orang, sehinga dalam melaksanakan kegiatan baik pelipatan dan perawatan payung udara orang harus sesuai SOP.

Bagi personel yang belum mempunyai kualifikasi Perbekud maka akan diberikan kursus di Pusdik Bekang dan menerima pembekalan pembekalan yang diberikan langsung seniornya di Batalyon agar lebih memahami dan menguasai perbekalan udara. Setelah mempunyai kwalikasi Perbekud maka akan tergabung dalam peleton Perbekud.

Danyon Bekang 2 Letkol Cba Firmanuddin Lilawangsa, S.I.P. mengatakan bersyukur Alhamdulillah semua payung mengembang dengan sempurna, para peterjun mendarat di Drop Zone dengan aman.

Seluruh rangkaian latihan terjun penyegaran penerjunan yang dilaksanakan prajurit Para Raider 501 Kostrad berjalan dengan lancar dan aman.

TERPOPULER

Tinggalkan komentar