Oct 192014
 
 13 IFV  Marder  mulai memperkuat Kompi A Batalyon Infanteri (Yonif) 413/Bremoro, yang resmi menjadi Batalyon Mekanis,  (17/10/2014). (Ahmad Antoni/Koran SINDO)


13 IFV Marder mulai memperkuat Kompi A Batalyon Infanteri (Yonif) 413/Bremoro, yang resmi menjadi Batalyon Mekanis, (17/10/2014). (Ahmad Antoni/Koran SINDO)

Sukoharjo – Sebanyak 13 Tank Marder buatan Jerman mulai memperkuat Kompi A Batalyon Infanteri (Yonif) 413/Bremoro, yang resmi menjadi Batalyon Mekanis (17/10/2014). Ke-13 Tank tersebut tiba di Markas Komando Yonif 413 Mekanis/Bremoro, Kostrad di Jalan Solo-Tawangmangu, Desa Palur, Kecamatan Mojolaban, Kabupaten Sukoharjo.

Tank-tank seberat 33 ton itu diangkut dengan trailer khusus. Pertama, tank yang baru datang dari Surabaya, tiba pukul 09.30 WIB.

Puluhan personel TNI pun ikut mengamankan penurunan Tank Marder yang masuk ke Markas Kompi A. Tak ayal kedatangan tank-tank marder itu menjadi tontonan ratusan warga.

“Penasaran dengan tank. Saya nunggu sejak jam 08.00 WIB,” ujar salah seorang warga bernama Sutarto (50 th).

Komandan Brigif 6/2 Kostrad, Kolonel Inf Agung Pambudi melalui Kepala Staf Brigif 6/2 Kostrad, Letkol Inf Aminton mengungkapkan bahwa, 13 tank tersebut baru saja digunakan untuk acara puncak peringatan HUT TNI ke-69 di Surabaya, Jawa Timur.

Ke-13 tank itu direncanakan akan digunakan untuk prajurit Yonif Mekanis 413/Bremoro. “Sesuai arahan Mabes TNI, dijadikan Batalyon Mekanis. Semua sudah dipersiapkan, mulai dari sumber daya manusia (SDM) dan perlengkapan,” kata Aminton.

Dia menjelaskan, kedatangan 13 tank dikawal oleh dua mekanik ahli dari Jerman. Tank tersebut dalam kondisi prima, sehingga dalam waktu dekat sudah bisa dioperasikan. Dengan belasan tank itu, akan menambah alusista.

“Menambah kekuatan keamanan di Soloraya. Ada rencana untuk dikenalkan kepada warga Soloraya. Kami masih konsolidasikan soal itu. Yang penting tank yang ditunggu beberapa bulan ini, akhirnya tiba,” jelasnya.

marder-bremoro

IFV Marder untuk Batalyon Mekanis 413 Bremoro

Brigif 6/2 Kostrad membawahi tiga batalyon. Yakni 411 di Salatiga, 412 di Purworejo dan 413 di Palur, Sukoharjo.

Khusus untuk 413, memang diproyeksikan menjadi batalyon khusus mekanis. Disamping kemampuan Raider, juga kemampuan dalam Tank Marders. (sindonews.com).

  46 Responses to “Yonif 413/Bremoro Jadi Batalyon Mekanis”

  1. tes

    • Numpang Fetromaxxxxx… berita hoax the jakarta post tahun 2011.. menurut Berita, Ternyata SU35 udah dipesen tahun 2007.

      Buying the right to snap up arms contracts

      Jakarta Post – October 6, 2011

      Nani Afrida and Hasyim Widhiarto – The seemingly bohemian appearance of Soeryo Guritno, 68, is not the well-dressed and cunning arms dealer as played by actor Nicholas Cage in the film The Lord of War.

      Nor is Soeryo comparable with the notorious post-Soviet era arms dealer, Victor Bout, a Russian who is allegedly supplying illegal arms to war-torn countries. Soeryo’s business is completely legal and has been around for almost two decades.

      His company, PT Novanindro International, is among seven companies in Indonesia that broker overseas arms supplies to the Indonesian Military (TNI). Soeryo’s credentials include an arrangement to supply Russian AK-47 assault rifles to the Taliban regime in Afghanistan.

      And now Soeryo is a member of an exclusive club that could serve to link the TNI’s top brass with arms dealers in Russia, now Indonesia’s largest suppliers of weaponry.

      In 2007, Soeryo helped to broker an arms deal between Indonesia and Russia worth US$5 billion. As part of the deal, Indonesia will purchase 16 Sukhoi SU-35 jet fighters, eight Sukhoi SU-30 jet fighters, eight Sukhoi Su-27 jet fighters, two secondhand submarines and several helicopters.

      “A broker functions more or less in the same way as a lobbyist,” Soeryo said. “Their job is to assure the government that their product is the best on the market.” “Only a few players know the tricks of the trade and have access to the kind of business that involves billions of dollars worth of transactions. In this business, if you can secure one deal, you won’t need to work for the rest of your life.”

      But to secure that deal, a broker must go through the painstaking process of approaching decision-makers in the TNI and Defense Ministry and then taking care to ensure that they receive hefty commissions and are entertained.

      Arms dealers usually receive firsthand information on military procurement planning, even before the authorities make it public. Soeryo usually offers his products to the planning and budgeting section of the military.

      “TNI officers will find it difficult to procure the equipment directly without our help. For example, we can speak fluent foreign languages and have the capability to finance their trips to the vendor factories located overseas,” said Soeryo.

      “We can also find ways of obtaining export-import credit facilities. This is part of the deal because our state budget is not sufficient to cover the arms procurement,” he said.

      The facilities then undergo a lengthy red-tape process at the National Development Planning Board (Bappenas) and the Finance Ministry for approval.

      If the facilities are approved, the dealer then pays upfront for the ordered weaponry while waiting for the Finance Ministry to disburse the required money to the Defense Ministry.

      According to Soeryo, the Defense Ministry and the TNI rarely open up a bidding process for arms procurement because the specification of the required arms usually aligns with the weapon specification of dealers.

      The allocated budget for the procurement is usually inflated to cover travel costs associated with huge numbers of top brass visiting the country of the dealers. This includes costs related to commissions and entertainment, said Soeryo.

      A longtime arms dealer, who refused to be named, said that while the government’s pledge to overhaul the procurement system was transparent and accountable, in reality nothing was being reformed and the situation was even getting worse.

      “The business turns uglier because now we have to feed more officers and officials along the way to secure the contracts,” said the dealer.

      Former Air Force chief of staff Chief Air Marshal Chappy Hakim said the role of the brokers was so entrenched that it would be extremely difficult to phase out.

      According to Chappy in his recent book Indonesian Defense, brokers and recalcitrant officers even played a role in maintenance projects, including in procuring spare parts for Hercules cargo aircraft.

      The spare parts, he said, were supposed to be supplied directly by the US authorities with the Indonesian Defense Ministry functioning as the broker. But some private groups had somehow intervened in the process and turned the procurement into a profitable business.

      Legislators from the House of Representatives’ Commission I, which oversees defense, intelligence, and foreign affairs, believed dealers had been involved from the very beginning of the budgeting process at the House. The dealers are involved with almost all divisions and parties responsible for the deliberation of annual defense budget proposal.

    • “In 2007, Soeryo helped to broker an arms deal between Indonesia and Russia worth US$5 billion. As part of the deal, Indonesia will purchase 16 Sukhoi SU-35 jet fighters, eight Sukhoi SU-30 jet fighters, eight Sukhoi Su-27 jet fighters, two secondhand submarines and several helicopters.”

    • wuuuiiiiihhh

      4 sukhoi sementara mutar2 dilangit makassar

      sayang biro makassar belum terbentuk ya….

  2. hee3 lanjut

  3. Telu

  4. 13? Kurang deh utk yonif mekanis.. atau mungkin komposit dgn anoa ya?

  5. semoga marder ditambah lagi,biar makin kuat otot TNI

  6. Absen dulu 😀

  7. wow pertamax. salam kenal buat semuanya,

  8. Siip kalo dah nyampe tujuannya…btw mohon info nya para warjager dan para sesepuh tentang sosok truk trailer yg mengangkut Marder dan Leopard katanya truck tsb juga khusus kalo memang benar mohon info ttg truck tsb? dan apakah truck trailer itu juga bagian dri pembelian Leopard dan Marder ato TNI sudah memiliki truck khusus pembawa Tank ini? Terima kasih

    • Lha kok sampeyan ketinggalan berita. truk pembawa si tupai dan kucing udh dari setengah tahun kemarin dimari, nama truknya iveco buatan itali ada 2 ekor dibeli. coba sampeyan buka daftar isi thread yg lalu2 dimari pasti ada itu. sebenarnya truk2 biasa yg lalu lalang dimari seperti hino dan fuso jg bisa ngangkat itu tank2, yg penting itu gandengannya dari jenis lowbad (chassis rendah) dan minimal punya 2 sumbu roda belakang biar bannya gak meleduk keberatan angkut itu kucing. salam..

    • Thanks bung pedro..maafkan saya yg gak perhatian kalo memang truck tsb sudah dibuat threadnya soalnya saya juga baru belajar di forum ini tapi sekali lagi terima kasih atas infonya

  9. Weww.. mas bon2 batalyon sampeyan dadi yonmek kii… hihihiiii
    Reunian north borderr yohhh masss…

  10. Sy berharap medium Tank atau APC kita mirip2 Marder , jangan kayak Tank/APCM113 atau Tank Turki entar ngeguLing , beLum perang udah makan korban , kata tetangga saya dari soLo NGAPUSI NGAPUSI. :mrgreen:

    • Masaalah bung P Coto makasar anggaran kita kuat ngga…ini meniru/mencontoh Brigader Stryker US Army kan? Kuat ngga beli IFV buat setiap Yon? berapa IFV tuh..mending di Mixed saja pakai sejenis Bushmaster (yang dipakai Kopassus) lebih murah. Kita juga butuh helikopter angkut untuk Yon.. Raider tuh Mobil Udara qualified tapi helikopterya cukup ngga? Hercules AU juga cukup ngga untuk memobilisasi Yon Mekanik…

      • He he he bung bLackhack down saLah sesepuh favoritku , maaf bung buka begitu maksud sy , sy hanya meramaikan diskusi aja , dan melihat reaksi di FormiL ini , biar terlihat mana ULar dan NasionaLis ideaLisme , atau patriot , maaf sekali lagi bung BLackhawkdown

  11. Wow brti sblmnya sdh ada pelatihan utk kru marder dr batalyon palur ini

  12. 2 KS bekas? Akula…

  13. Semoga batalion yg diperbatasan tidak dianaktirikan dengan merubahnya jadi YonMek paling akhir, sementara dilengkapi dng bambu runcing dulu saja.xixixi.

    • Semoga hal ini dilakukan juga diseluruh pulau2 besar dinusantara,,,trutama didaerah2 yg saat ini trjadi sengketa (perbatasan kalimantan,perbatasan papua,dll)…stidaknya hal ini akan mempermudah pergererakan TNI dalam menjaga kedaulatan Indonesia,jd tidak perlu menunggu deploy dri pulau jawa yg tentu saja akan membutuhkan wktu untuk menuju daerah2 trsebut…JAYALAH INDONESIAKU

  14. bung diego.
    angkatin dong artikel berita jakarta pos di atas.

  15. Yg penting Strong..

  16. Mantap …
    Maju terus TNI ku …
    Anoa nya mana neh?

  17. Denger2 M113 A1 bakalan datang 80 unit, untuk mempercepat pembentukan batalyon mekanis

  18. bagusnya lgi klo yg dibikin bppt bisa di upgrade nyelem ( semoga )……..mantap…

  19. Semoga Tank Leopard & Tank Marder mampir Di kalimantan,Ngarep com.Aplgi Gubernur2 kmi serta Pemerintah sepakat membuat jalan2 serta jalur kereta api didaerah prbtsn.Hal nie pnya daya tawar n gedor bt Malay yg Sok Jaguh….Cm Hrpn Ank Prbtsn yg Ingin adax jaminan Keamanan & Kedamaian….Siap slh ats komentx….

  20. Yonif 413 Kostrad ini sepertinya diberi alutsista IFV tracked, sedangkan yonif mekanis di Kodam diberi IFV / APC wheeled.

    Brigif 6 ini sepertinya sudah lengkap konversinya.
    3 yonif yang dibawahinya, 2 sudah menjadi yonif Raider (411 dan 412) dan 1 yonif menjadi mekanis.
    Brigif non-linud lain di Kostrad sepertinya segera menyusul.

 Leave a Reply