Jun 092016
 

Sebanyak 360 personel TNI dari Batalyon Infanteri (Yonif) 641 Raider/Beruang Kodam XII Tanjungpura diberangkatkan menggunakan KRI Teluk Bone 511 dari Pelabuhan Dwikora, Pontianak, menuju perbatasan RI-Timor Leste di Nusa Tenggara Timur. Mereka ditugaskan sebagai Satgas Pengamanan Perbatasan selama sembilan bulan.

Selama bertugas di perbatasan, prajurit Yonif 641 Raider akan menjaga wilayah sektor timur dari Mota’ain hingga Nananoe. Sepanjang wilayah itu, terdapat 21 pos yang terdiri dari 20 pos penjagaan dan 1 markas induk. Terkait pengamanan di wilayah sektor barat yang secara garis besar masih terjadi sengketa antar-kedua negara, akan ditangani PBB di wilayah Oekusi.

Kepala Staf Kodam XII Tanjungpura, Brigjen TNI Ahmad Surpiyadi, menjelaskan bahwa para prajurit telah dibekali kemampuan penyelidikan dan pengamanan untuk mencegah masuknya narkoba ke Indonesia.

“Selain itu, para prajurit nantinya turut membantu pemerintah setempat dalam memberikan pelayanan kesehatan dan pendidikan bagi masyarakat di perbatasan,” kata Brigjen Ahmad Surpiyadi, Kamis (09/06).

Menurut Brigjen Ahmad Surpiyadi, para prajurit juga diharapkan untuk mempelajari kultur dan budaya sosial masyarakat setempat sehingga memudahkan proses adaptasi di lingkungan bertugas, serta bisa lebih mudah diterima oleh masyarakat.

“Rencananya, pasukan ini akan tiba pada 21 Juni 2016, karena sebelumnya akan singgah terlebih dahulu di Jakarta dan Surabaya untuk mengangkut pasukan dari wilayah Kodam lainnya yang turut bertugas di sana,” jelas Kepala Staf Kodam XII Tanjungpura.

Sementara itu, Komandan Yonif 641 Raider/Bru, Letnan Kolonel Infanteri Wisnu Herlambang, mengungkapkan bahwa sepanjang perbatasan RI-Timor Leste hanya memiliki satu perlintasan resmi yaitu di Mota’Ain. Ia menjelaskan bahwa fokus utama pasukannya adalah mencegah penyelundupan karena banyak perlintasan ilegal yang rawan aksi penyelundupan.

Sumber: Okezone

Bagikan :

  7 Responses to “Yonif Raider 641 Beruang Dikirim ke Perbatasan Indonesia-Timor Leste”

  1.  

    m

  2.  

    mau invasi timor leste

  3.  

    Biasa aja kalau Timor Leste, yang seru itu PNG didekati 45 rb TNI ketakutan :v

  4.  

    perkuat perbatasan baik secara militer,ekonomi dan yang lain2

  5.  

    ayo perkuat terus perbatasan kita, beri fasilitas yang layak bagi petugas TNI/POLRI dan rakyat sipil disana, biar betah hidup di tanah pertiwi..

  6.  

    Selamat bertugas

  7.  

    Pernah 2 thun tinggal di kompi masrkas 641. Selamat bertugas

 Leave a Reply