Yonif RK 732/ Banau Peringati Hari Sumpah Pemuda di Gunung Dukono

Dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda tahun 2017, Satgas Ops Pamrahwan Yonif Raider Khusus 732/Banau bersama para Pemuda Tobelo dan Galela merayakan dengan hal yang tak biasa  yaitu menggelar upacara di Puncak Gunung Dukono.

Tobelo, Jakartagreater.com – Dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda tahun 2017, Satgas Ops Pamrahwan Yonif Raider Khusus 732/Banau bersama para Pemuda Tobelo dan Galela merayakan dengan hal yang tak biasa dan terbilang ekstrim yaitu menggelar upacara di Puncak Gunung Dukono, Maluku.

Sebelum kegiatan, sejumlah persiapan matang dilakukan seperti berkoordinasi dengan pihak PVMBG Pos Pengamatan Dukono untuk meminta informasi update perihal aktifitas Gunung Api serta saran pendakian yang aman mengingat Gunung Dukono sendiri berstatus Waspada dan menunjukkan aktifitasnya sepanjang tahun dengan mengeluarkan abu vulkanis.

Kontur Gunung Dukono yang unik serta mempunyai beberapa puncak sehingga dipilih puncak yang berjarak sekitar 4 s.d 5 Km dari kawah aktif sehingga dinilai cukup aman untuk pendakian, tanggal pendakian pun tiba para peserta diperiksa kesehatannya serta tidak lupa doa dipanjatkan Kehadirat Tuhan YME agar senantiasa diberikan perlindungan-Nya.

Dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda tahun 2017, Satgas Ops Pamrahwan Yonif Raider Khusus 732/Banau bersama para Pemuda Tobelo dan Galela merayakan dengan hal yang tak biasa yaitu menggelar upacara di Puncak Gunung Dukono.

Perjalanan yang memakan waktu 5 jam sehingga rombongan tiba di lokasi puncak yang telah ditentukan, sesudah istirahat sejenak kemudian dilaksanakan upacara pengibaran bendera Merah Putih di Puncak Gunung aktif tersebut.

Meskipun tidak sesuai dengan standard pelaksanaan Tata Upacara Militer (TUM) pada umumnya tetapi tidak mengurangi kekhidmatan para peserta hingga tak terasa air mata menetes dari sudut mata yang tidak mampu dibendung akibat perasaan haru, bangga dan jiwa Nasionalisme yang membara di masing-masing sanubari.

Sementara itu dalam keterangannya Dansatgas Yonif RK 732/Banau Letkol Inf Raymond Sitanggang menyampaikan khusus pada HSP 2017 ini kita menyelenggarakan secara special dengan mengajak sejumlah pemuda dari Tobelo dan Galela kita menaklukkan puncak Aktif Dukono.

Diharapkan dengan kegiatan tersebut dapat menumbuhkan rasa cinta tanah air dan Nasionalisme bagi para pemuda dan generasi penerus Bangsa. (Penrem152)

Tinggalkan komentar