Sep 092017
 

Pesawat P-3C Orion US Navy Media Flight bersama wartawan di Lanudal Juanda, Sidoarjo, Jatim, 9/9/2017.

Surabaya – Pesawat patroli maritim P-3C Orion United States Navy / U.S Navy, mengadakan Media Flight bersama rekan wartawan, Sabtu 9-9-2017 di Base Ops Pangkalan Udara TNI AL Juanda, Sidoarjo, Jawa Timur, dalam rangkaian kegiatan Cooperation Afloat Readiness and Training (CARAT) 2017.

Sebelum penerbangan berlangsung, peserta menerima Preflight dari Pilot P-3C Orion CDR Hamish Krikland dan Kapten Laut (P) Alfred Edward Manihuruk.

Pesawat P-3C Orion US Navy Media Flight bersama wartawan di Lanudal Juanda, Sidoarjo, Jatim, 9/9/2017.

Prefllight menyampaikan : Prakiraan cuaca, Slot penerbangan, Flight Plan Notam penerbangan, Situasi Daerah Operasi, Situasi Traffic dan Air Nav Indonesia.

Koordinator Aviation CARAT 2017 Mayor Laut (P) Adam Firmansyah, selaku Komandan Squadron 800 Wing Udara 1 Puspenerbal menyatakan P-3C Orion siap take off.

Selanjutnya para peserta Media Flight melaksanakan penerbangan mengitari Laut Jawa, dengan rute local area yaitu dari Bandara Internasional Juanda menuju Pulau Kambing kemudian ke Utara Madura, menuju Point Nimas dan kembali ke Pangkalan.

Wartawan Surabaya diantaranya, Kompas, Antara dan Jawa Pos beserta Serma TTG Ronny Miharjo selaku Baur Analev Sintel Wing Udara 1 Puspenerbal menceritakan pengalaman menarik.

Pesawat P-3C Orion US Navy Media Flight bersama wartawan di Lanudal Juanda, Sidoarjo, Jatim, 9/9/2017.

Mereka diberikan kesempatan untuk melihat langsung dan mendapatkan penjelasan tentang kemampuan pesawat canggih P-3C Orion, yang mempunyai rangkaian komunikasi modern, sistem pendaratan dengan instrumen Terproteksi, Mode IFF S dan Performa Navigasi, GPS, peningkatan unsur avionik, serta instrumen kokpit modern.

Para Wartawan berkesempatan pula berbincang dengan awak P-3C Orion sewaktu tidak bertugas. Sesudah penerbangan selama 1,5 jam dari ketinggian 5000 feet, peserta Media Flight tiba di Pangkalan dengan aman dan lancar.

CDR Hamish mengatakan bahwa awak pesawat P-3C Orion berjumlah 8 personil yang terdiri dari : 2 Pilot, 3 Flight Engineer, 2 Naval Flight Officer, 2 Sensor Operator dan 1 Inflight Techincian.

Pesawat P-3C Orion US Navy Media Flight bersama wartawan di Lanudal Juanda, Sidoarjo, Jatim, 9/9/2017.

Sebelum mengakhiri kegiatan, Mayor Adam mengatakan kegiatan CARAT 2017 antara TNI AL, US Navy dan USMC dilaksanakan tiap tahun dan diharapkan dapat menambah dan update informasi tentang ilmu patroli maritim khususnya di bidang penerbangan.

Sedangkan CDR Hamish Kirkland mengatakan ini adalah pengalaman yang bagus selain meningkatkan kemampuan tempur kedua angkatan laut, CARAT mampu menciptakan komunikasi yang baik antara TNI AL dan U.S. Navy. Kami sangat mengapresiasi kegiatan ini dan harapannya U.S. Navy di tahun yang akan datang banyak melaksanakan latihan bersama dengan TNI AL.

Hadir dalam kegiatan ini: Information Assistant Hanum Tyagita dari Konjen AS di Surabaya, Kapten Laut (KH) Ivan Noviyanto, S.I Kom, selaku staf Public Affair serta tim pendukung CARAT 2017. (Pen Armatim)

  6 Responses to “Yuk,Terbang dengan P-3C Orion US Navy”

  1. Hmmm…

  2. oh masih baling2 bambu, kirai dah jet

  3. Tes

 Leave a Reply