Yunani Bisa Akuisisi F-16 Block 60 Bekas UEA

Jakartagreater.com – UEA kemungkinan bisa memiliki pesawat tempur siluman F-35 dari Amerika Serikat, dan para ahli berspekulasi bahwa Abu Dhabi dapat menjual beberapa jet tempur F-16 yang lebih tua ke Yunani untuk lebih merampingkan armadanya dengan jet-jet tempur tercanggih.

Kedua negara terlihat telah meningkatkan kerja sama pertahanan dalam beberapa bulan terakhir ketika UEA mengirim empat jet tempur F-16 ke Yunani untuk melakukan latihan bersama dengan Angkatan Udara Yunani. Turki sangat marah sehingga mengancam akan menembak jatuh jet tempur UEA jika berusaha melanggar wilayah udaranya.

Namun, perjanjian perdamaian UEA dengan Israel baru-baru ini telah mengubah persamaan di Timur Tengah. Baru-baru ini, dilaporkan bahwa kesepakatan formal dengan Amerika Serikat mungkin ditandatangani pada Desember 2020 untuk memperoleh sekitar 12 jet siluman F-35, lansir EurAsiaTimes.

Saat ini, angkatan udara UEA mengoperasikan sekitar 80 jet tempur F-16, dan menurut spekulasi, Abu Dhabi mungkin mempertimbangkan kembali jumlah jet yang dapat digunakan secara efektif menerima kedatangan F-35.

Meskipun sejauh ini belum ada indikasi tentang F-16 yang akan dijual, mungkin hanya sebagian kecil dari armada F-16 yang dimilikinya.

F-16 varian Block 60 UEA adalah salah satu yang paling canggih di dunia, yang hanya satu tingkat dibawah jet F-16 Block-70/72 “Viper”. Block 60 sudah dilengkapi dengan tangki bahan bakar konformal, radar APG-80 AESA, sistem peperangan elektronik terintegrasi, dan sistem komunikasi yang aman. Athena telah mengalokasikan anggaran sebesar US$ 1,5 miliar untuk meningkatkan 84 F-16 menjadi standar Block-70/72 Viper.

Beberapa hari sebelumnya pemerintah Yunani telah mendapatkan kesepakatan dengan Prancis untuk pembelian 18 jet Rafale, juga memfasilitasi perkuatan angkatan lautnya dengan memperoleh 4 fregat dan 4 helikopter angkatan laut.

Sementara Yunani telah menandatangani perjanjian dengan Prancis untuk Rafale, kesepakatan lain dengan UEA untuk pembelian F-16 bekas dapat semakin meningkatkan kekuatan Angkatan Udaranya.

Sharing

Tinggalkan komentar