Aug 052014
 
Destroyer Revolusioner AS, Zumwalt class DDG 1000 (photo US Navy )

Destroyer Revolusioner AS, Zumwalt class DDG 1000 (photo US Navy )

Destroyer pertama dari tiga kapal baru revolusioner Angkatan Laut Amerika Serikat, yang dikenal sebagai DDG 1000, mulai dibawa ke laut pada 2014, untuk didandani dan dihidupkan.

Teknologi terdepan memungkinkan Destroyer DDG 1000 memiliki kemampuan canggih, memberikan fleksibilitas tak tertandingi bagi kapal dan secara dramatis mengurangi kebutuhan awak.

Kapal Perusak Zumwalt class memiliki teknologi Raytheon dan peralatan yang akan menguntungkan Angkatan Laut selama bertahun-tahun yang akan datang, terutama:

Total Ship Computing Environment (TSCE)- satu unit, jaringan terenkripsi yang mengontrol semua aplikasi komputasi kapal, mulai dari lampu kapal dan mesin kontrol untuk radar dan sistem senjata. TSCE ini mengambil alih banyak pekerjaan dan otomatisasi tingkat tinggi yang memungkinkan kapal untuk berjalan lebih efektif dan efisien.

Destroyer Revolusioner AS, Zumwalt class DDG 1000 (photo army-technology.com)

Destroyer Revolusioner AS, Zumwalt class DDG 1000 (photo army-technology.com)

Wadah Elektronik Modular / Electronic Modular Enclosures (EMS) – inovasi pembuatan kapal menciptakan lebih dari 235 single modul elektronik siap untuk diintsal dengan cara: integrasi, pemeliharaan dan upgrade yang mudah. Setiap kapal membawa 16 EMS.

Integrated Undersea Warfare Sistem – dua array sonar (frekuensi tinggi dan menengah) dalam satu otomatation, sistem lambung kapal dirancang untuk melindungi kapal dari: ranjau musuh, kapal selam dan torpedo. Dengan menggunakan algoritma yang canggih, sonar yang lebih baik memungkinkan kapal destroyer Zumwalt untuk mendeteksi, menghadapi ancaman dan menghancurkan ancaman musuh.

image

Vertikal Launching Sistem MK57- Peluncur senjata ‘Maha Karya’, yang dirancang untuk menembakkan rudal laut, darat dan serangan udara. Rancangan Modular elektronik MK57 memungkinkan kapal Zumwalt dengan cepat melakukan penggantian/transisi ke sistem rudal yang lain sehingga meminimalkan kebutuhan launcher/ peluncur. Peluncur MK57 terkandung dan dilindungi oleh Peripheral Vertical Launch System (PVLS). Desain dan posisi PVLS membuat peluncur -dan rudal- tahan terhadap kerusakan akibat pertempuran dan secara aman mengisolasinya dari awak dan peralatan kapal.

image

Kemampuan tambahan yang signifikan dan fitur termasuk:

Sistem Senjata Advance – Setiap kapal membawa dua meriam 155 mm mampu menembak jauh yang bisa menyerang target dari jarak 63 nautical mils.

Sistem Catu Daya Terpadu – sering disebut kapal “all-electric”, desain senyap dan ekonomis dari sistem tenaga (power) kapal destroyer ini, ‘menghasilkan 100 persen energi yang dibutuhkan untuk setiap propulsi kapal, elektronik dan sistem senjata. Ketika berlayar pada kecepatan 20 knot, sistem menyediakan 58 MW dari power yang tersimpan, memungkinkan untuk fleksibilitas dan cadangan energi yang dibutuhkan untuk mendukung teknologi masa depan.

Perusahaan Raytheon AS, berfungsi sebagai pembangun sistem peralatan integrator untuk semua sistem elektronik dan peperangan dari program kapal destroyer Zumwalt ini.

Perusahaan perusahaan AS kini bekerja dengan pihak Angkatan Laut untuk membuat Destroyer Revolusioner Zumwalt, hidup dan siap beraksi. (Raytheon).

  58 Responses to “Destroyer Revolusioner Zumwalt Class”

  1. kedua

  2. Ane menunggu destro mode klewang

  3. Nice info

  4. Hadir

  5. Msuk 10 bsar gk ya?

  6. Klewang gimana kabarnya??

  7. Kalau all electronic, kabel datanya pake apa ya? Rawan kebakar ga tuh?

  8. human factor dalam konsep peperangan mamarika dlm beberapa tahun lagi akan tergantikan. too much depending on technology. but human still the pivot.

  9. iri lihat mainan asu…semoga jadi cambuk buat nkri dalam pengadaan alusistanya

  10. Kapal perang sarat teknologi tinggi….

  11. cuma bisa nyengir kuda ngeliat teknologinya :3

  12. makin minimalis kapanya yah.. awakmakinsedikit karena sudah dikendalikan komputer jadi relatif lbh mudah monitoringya. tapi gk tahu kalo keadaan darurat apakah awak yang ada cukup untuk mengerjakan sesuatu dengan cara manual

  13. Konsepa kapal perang modern yang serba otomatis..serba digital…bukannya lbh mudah utk di lumpuhkan oleh hacker ?

    • setuju bung..biaya pembuatan teramat mahal serba digital terkomputerisasi kelemahannya gampang disusupi hacker. ingat film”battle ship” ternyata kalah dengan kapal kuno..he..

  14. baguskah.??? Bisa di kirim ke laut hitam neh kaprang buat ngetes antidot buatan rusia

  15. kerennn

    • @den bdg nah akhirnya senjata rahasia US Navy mulai siap beraksi: Electromagnetic Rail Gun! Apa yang bisa menahan peluru( Tanpa Warhead!) berkecepatan Mach 8! Alias 8 kali kecepatan suara. Kinetic impact nya serem. Bikin tank Leo kayak agar2 jelly

  16. belum ada track record yang jelas mengenai kapal baru ini…. seberapa efektif persenjataannya?

  17. permisi

  18. Kayak pyramid gitu. US Navy::”Dong Feng?! Siapa Takut!!! Hello?!!!!”

  19. ane cuma ngebet ama meriam 155mm bisa jangkau 63nm !!! wajib diadopsi nih, yg lainnya ntar nyusul kalo ada duit

  20. Mantap nih,stealth,senjata mematikan…!!!tp mahalnya minta ampun….!!!

  21. Klewang class TNI-AL bagaimna kabarnya? Mohon pencerahaannya Menurut sesepuh apa Indonesia perlu mengakuisisi kapal perang jenis destroyer..mengingat geografis wilayah NKRI yg banyak pulau apa kah kapal perang jenis destroyer bisa efektif dan efisien? Maaf OOT

    • Jangan membandingkan KCR Trimaran ama DESTRO bung , jelas beda kelas , masih lama indonesia bisa membuat destro , buat pkr dulu , bertahap gitu…

    • Salam bung @Imperfections, saya tidak bermaksd membandingkan antara klewang dan destroyer class…yg saya maksd adalah menurut para sesepuh dan warjager apa TNI-AL kita perlu juga kapal perang kelas destroyer mengingat wilayah negara kita adalah kepulauan…apa efektif dan efisen kalo TNI-AL mengakuisisi jenis kapal kelas destroyer ato kita cukup dengan kapal perang kelas frigrate dan korvet sebagai penjaga wilayah laut NKRI..maklum bung saya baru belajar

      • Kan denger” mau ada sovre , cruiser , btlecruiser , dll. Sebenarnya saya tdk tau itu sungguhan atau cuma hoax , atau terlihat lemah disaat kita kuat , saya lihat bagus juga tuh sovre , uda , bre , de zeven , mudah”an itu diakuisisi dan diumumkan secara Resmi Oleh Tni AL , salam kenal bung Ryan,,,

  22. bagus….jangan tanyakan apakah TNI AL berminat atau tidak

  23. Satu lagi iklan dari US. Jgan2 spti f35. Iklanx hebat ternyata …?

  24. dri tampilanya,,
    keren banget..

  25. @raden
    jadi inget bung karno

  26. Keren ya. canggih..malah selintas spt kapal selam yg lg nongol di permukaan..tp barang yg canggih serba elektronik biasanya ringkih. apalagi ini produk pertama, nnti psti banyak masalah.. IMHO..klo Klewang kita udh jadi itu jg sudah membuat lompatan teknologi kapal perang untuk kita. klo gk salah PT.LUNDIN jg sudah mempunyai konsep Stealth Destroyer..mudah2an di tindak lanjuti pemerintah/TNI…

  27. Maaf kl ga sependapat..Kl bc artikel alutsista dr ASU kok hati kecil ini ga Sreg ya…!! Secara ASU Negara Munafik….,,,,???

  28. mudah2an bisa benar yg bisa membebaskan tanah palestina ialah bangsa indonesia.

  29. Hebat yang munafik itu adalah Indonesia sok jago padahal butuh juga sama usa coba tanya pegawai pelni lebih suka dikasih dollar apa rupiah……emangnya mau d embargo lagi? Gua paling empet lihat orang sok anti Amerika padahal sudah jelas kita masih butuh Amerika.

    • Empet sama orang aja bung sukro, hehe…jgan bawa Indonesia,Indonesia negeri ane. G semua orang di negeri ane bermental sok jaguh sperti yg anda maksud. Jenengan pasti setuju bahwa Kita semua dberi ilmu dan pendidikan yg lebih untuk berbuat sesuatu bukan cuma mengkritisi sesuatu. Salam hangat u/ bung sukro.

  30. Kapal jenis destroyer sangat efektif dan efisien untuk menjaga laut terluar indonesia yang sangat panjang dan luas. Kapal perang destroyer memiliki daya tahan yang lebih lama di laut dibandingkan dengan kapal jenis fregat., sehingga tidak perlu harus bolak balik setiap minggu untuk mengisi logistik dan bahan bakar. Kapal perang destroyer bisa membawa rudal pertahanan udara jarak jauh seperti rudal s 300 ato rudal aegis. Sangat cocok untuk menjaga perbatasan laut kita dari masuknya pesawat tempur musuh ato rudal balistik.

  31. bung sukro , ia ente lingkungannye pejabat suka dollar lha ane rakyat ya jauh lebih suka rupiah lah. tapi yang halalan toyyiban bukan nyang haroman toyyiban. pis ah

  32. Kapal selam saja dulu yg ditambah,,,ini lebih penting untuk saat sekarang saya kira,,,

    • Semuanya dong yang harus ditambah baik yang di atas permukaan atopun dibawah permukaan karena semuanya bisa saling melengkapi dan saling mendukung. Yang di atas kapal destroyer , yang di bawah kapal selam kilo class.

  33. Bung @lorem,,,kalo dilihat dari anggaran militer kira2 yg mana bisa didahulukan hayyoooo??

    • Bung Wachied.. kalau menurut saya dengan anggaran 2% ato sekitar 200 triliyunan ‘pertahun’ dan dengan proses pembuatan kapal perang destroyer dan kapal selam jenis kilo class sekitar tiga tahunan. Maka hingga sampai jadinya proses pembuatan kapal destroyer dan kapal selam kita sudah memiliki sekitar lebih dari 600 triliyun anggaran militer jika dihitung total anggaran militer dalam waktu tiga tahun. Jadi dengan anggaran sebesar itu saya rasa kita bisa memesan kapal destroyer sekaligus juga kapal selam kilo dalam waktu bersamaan.

    • Ya a a…jelas aja drone, yg h rus di dahulukan, tanya aja sama pa j okowi,bung ini bagaimanasih…,

  34. nih kapal tak liat2 kok mirip nautillus yah. suatu saat nanti nih destro bisa nyilem segala walaupun ngga dalem dalem tapi cukup. vlsnya mirip turretnya tank pinsil apa aja masup. nyang bisa ngalahin cuman hehehe ngga bakalan deh dibuat

  35. militerindonesiamy.blogspot.com/2014/08/israel-pertimbangkan-jaminan-keamanan.html?m=1. Pak sby mau melawat ke jalur gaza membawa misi bantuan kemanusiaan. Maaf oot

  36. makin tinggi teknologi,,makin banyak kelemahan nya.

    destroy ini sangat tergantng dengan teknologi super komputer.artinya jika ada niat melumpuhkan kapal ini ada beberapa cara sebut saja:

    1.bom EMP = elecric magnetic pulse ( maaf klo salah eja,maklum cuma tukang sapu)

    2.Jammer ( seperti yg rusia lakukan kepada kapal USA)

    3.Cyber attack ( makin tinggi pengunaan teknologi komputer makin banyak titik lemah yang bisa di susupin.perlu di berdaya kan hacker untuk melakukan serangan cyber, dengan mengacaukan sistem komputer nya atau navigasi atau radar atau satelit nya

    maaf pendapat dari tukang sapu kantor

  37. Kapal ini terlihat canggih dan sangat mumpuni. Tapi kebal nggak sama Su-24 Russia? Jadi ingat kejadian USS Donald Cook.

  38. Pt pal pasti bisa bikin kayak ginian,tinggal anggarannya disiapkan,tarik ahli perkapalan dan insinyur elektronik dan integrasikan dg pt len,pindad dan bppt,beres..

 Leave a Reply